Jumat, 19 April 2024

DPRD Kabupaten Mojokerto Gelar Rapat Paripurna Hari Jadi ke-730 Kabupaten Mojokerto

Diunggah pada : 9 Mei 2023 11:25:16 56
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mojokerto menggelar rapat paripurna dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-730 Kabupaten Mojokerto tahun 2023. Pada momen itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyampaikan deretan prestasi dan capaian pembangunan yang ada di Bumi Majapahi.

Pelaksanaan rapat paripurna tersebut berlangsung di Gedung Graha Wichesa DPRD Kabupaten Mojokerto, Basuni, Sooko, Kabupaten Mojokerto, Senin (8/5/2023). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh serta Wakil DPRD Kabupaten Mojokerto Any Mahnunah dan Mokhamad Sholeh.

Bupati Ikfina mengatakan peringatan hari jadi Kabupaten Mojokerto dapat menjadi momen untuk menyatukan hati, jiwa, cipta, rasa, dan karsa dari berbagai elemen untuk menggapai cita-cita bersama Kabupaten Mojokerto. Maka, di hari jadi Kabupaten Mojokerto Ia menilai, dapat menjadi momen penyemangat untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Mojokerto.

"Dengan semangat baru dan hati yang teguh dalam keyakinan, kukuh dalam kebersamaan, saya mengajak segenap masyarakat Kabupaten Mojokerto untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita para pemimpin terdahulu yang telah mengabdikan diri membangun Kabupaten Mojokerto kita tercinta ini, agar karya maupun prestasi yang telah ditorehkan selama ini semua bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya seperti dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto tahun 2023 mengusung tema 'Bersatu dan berkarya untuk mojokerto maju lebih cepat'. Bupati Ikfina berharap seluruh elemen masyarakat dapat bekerja keras bersama-sama guna bersatu dan berkarya di era baru setelah beberapa tahun yang lalu negara Indonesia harus berperang dengan covid-19.

"Sehingga melalui momentum Hari Jadi ke-730 ini semoga dapat menjadi semangat baru untuk mewujudkan Mojokerto yang lebih maju dari Kabupaten Mojokerto yang kemarin, semakin bersatu dalam keanekaragaman, terus berkembang, dan semakin beruntung dalam segala aspek kehidupan baik dalam segi kesejahteraan masyarakat, perekonomian, pembangunan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain," ujarnya.

Pada kesempatan ini pula, Ia menjelaskan beberapa penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten Mojokerto. Mulai dari Penghargaan Top BUMD Award tahun 2022 kategori bintang 4 untuk BPR Majatama hingga Lomba BUMDes inspiratif di Kementerian Desa dan PDTT tingkat nasional tahun 2023 untuk BUMDes Mutiara Welirang Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas.

Selain itu, Bupati Ikfina juga menjelaskan, pada momentum Hari Jadi Kabupaten Mojokerto tahun 2023 juga meresmikan beberapa proyek yakni pertama, Pelebaran jalan menuju standar ruas jalan Jatikulon-Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar.

Kedua, Pemeliharaan PSU Perumahan Wikarsa Sejahtera, Desa Kenanten Kecamatan Puri. Ketiga, Pembangunan rumah aman anak Kabupaten Mojokerto. "Keempat, Pembangunan jembatan Dinoyo, Kecamatan Jatirejo dan Pembangunan Wisata Gelang Puri," terangnya.

Lebih lanjut, Bupati Ikfina juga menjelaskan capaian indikator tujuan dan sasaran RPJMD Kabupaten Mojokerto tahun 2022, antara lain Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di tahun 2022 targetnya sebesar 75,03% dan terealisasi sebesar 74,89%, persentase laju pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 targetnya sebesar 1,17%-4,70% dan terealisasi sebesar 5,40%.

Terdapat pula, indeks Gini di tahun 2022 targetnya sebesar 0,317% dan terealisasi sebesar 0,327%, Indeks Reformasi Birokrasi di tahun 2022 targetnya sebesar 70,50 BB dengan predikat (sangat baik) dan terealisasi sebesar 64,91 B dengan predikat (baik).

"Target capaian RPJMD di tahun 2023 ini tentunya bertambah dan saya berpesan realisasi capaian indikator di tahun 2023 juga harus ditingkatkan. Jangan terlena dengan pencapaian yang baik," ucapnya. (idc/n)

#Kabupaten Mojokerto