Minggu, 23 Juni 2024

DPRD Jatim Minta Ada Antisipatif Penyakit Menular Hewan Ternak Jelang Idul Adha

Diunggah pada : 17 Mei 2024 19:38:26 44
Wakil ketua komisi B DPRD Jatim, Habib Mahdi. (Pca)

Jatim Newsroom - Menjelang Hari Raya Idul Adha, potensi penyebaran penyakit hewan ternak  menular seperti penyakit mulut dan kuku (PMK) dan lumpy skin disease harus menjadi perhatian bagi pemerintah dan pihak terkait. Mengingat beberapa waktu lalu penularan penyakit tersebut masif menjangkiti sapi.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, Habib Mahdi mengatakan bahwa pemerintah harus mengendalikan potensi penyebaran penyakit dan memastikan kesehatan sapi untuk qurban.  "Jelang idul adha, pemerintah harus mengendalikan penyebaran penyakit dan ikut memperhatikan kesehatan sapi qurban," ujarnya dikonfirmasi, Jumat (17/5/2024).

Mahdi yang juga Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut menegaskan, bahwa jangan sampai hewan qurban yang beredar di masyarakat adalah hewan yang tidak sehat. "Jangan sampai masyarakat disuguhi hewan qurban terutama sapi yang berpenyakit dan kondisinya tidak sehat," tegasnya.

Untuk itu, dirinya mendorong penyediaan vaksin dan proses vaksinasi terhadap hewan qurban terutama sapi ketika mendekati hari raya idul adha.

"Pemerintah masih dan harus berusaha menyediakan vaksin untuk penyakit menular hewan ternak, sejauh ini vaksin yang biasa digunakan adalah vaksin cavac untuk mengantisipasi sapi terjangkit PMK," pungkasnya. (Pca/hjr)

#dprd jatim