Selasa, 23 April 2024

DPRD Jatim Harap Pendampingan dan Permudah Permodalan Masyarakat Desa

Diunggah pada : 29 Maret 2023 14:28:20 34
Anggota DPRD Jatim, Kuswanto saat serap aspirasi di Jombang. (Pca)

Jatim Newsroom - Anggota DPRD Jawa Timur, Kuswanto mendukung kemandirian ekonomi masyarakat desa yang saat ini kembali terjadi pasca pandemi covid 19, dan itu harus terus didorong oleh pemegang kebijakan, baik Provinsi maupun Kabupaten Kota. Termasuk yang terjadi di Kabupaten Jombang.

"Kemandirian ekonomi masyarakat desa saat ini cukup luar biasa. Banyak masyarakat desa yang kembali bangkit, setelah pandemi. Ini harus terus didorong agar mereka bisa semakin maju,”ujar Kuswanto serap Aspirasi di Jombang, Rabu (29/3/2023).

Menurut Kuswanto pandemi covid 19 kemarin benar-benar dirasakan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan. Mereka sangat merasakan kesulitan untuk bertahan hidup, mereka sangat tergoncang. Saat pergerakan setiap orang dibatasi. Hampir dapat dikatakan semua kegiatan mandeg. “Segala yang dipunya oleh masyarakat. Mulai tabungan sampai modal usaha habis untuk mempertahankan hidup setahun lebih tidak beraktifitas kerja. Buruh pabrik banyak yang pabriknya tutup dan berakibat PHK,” ungkapnya mengenang era pandemi hampir dua tahun kemarin.

Tapi berangkat dari jiwa dan semangat juang yang tinggi dari masyarakat pedesaan di Indonesia, khususnya jawa timur, kata politisi senior Fraksi Partai Demokrat, setelah pandemi berakhir, masyarakat pedesaan yang bekerja sebagai wira usaha atau usaha kecil, para pedagang tak putus asa. “Alhamdulillah saat ini setelah beberapa bulan berlalu dari pandemi, masyarakat seakan sudah lupa atas mimpi buruk yg kita rasakan bersama. Termasuk mereka yg terdampak PHK. Cepat banting setir memulai usaha barunya,” jelasnya.

"Mereka seakan digerakkan untuk bangkit. Dan tanpa berharap banyak pada bantuan dan perhatian pemerintah daerah mereka setapak demi setapak bangkit kembali dari keterpurukannya,” ungkapnya.

Untuk itu kata anggota Komisi C DPRD Jatim, semangat bangkit mandiri yang luar biasa dari masyarakat pedesaan harus mendapat respon dari pemerintah propinsi Jatim dan Pemkab Jombang. Semangat yang muncul ini harus didukung dengan kebijakan untuk bisa membantu memasarkan prodak-prodak yang diciptakan oleh masyarakat pedesaan.

Permodalan salah satunya melalui perbankan yang ada termasuk Bank Jatim dan Bank UMKM milik Pemprop Jatim lanjut Kuswanto juga harus di permudah bagi pengembangan usaha mereka. “Mereka bisa bangkit dari keterpurukan dengan kemandiriannya, harus diapresiasi. Kelanjutan dengan memberikan pendampingan guna pemasaran prodaknya dan permudah akses modal harus diberikan untuk menopang mereka. Ingat semangat mereka ini kalau di topang, bisa menjadi senjata penguatan ekonomi masyarakat di tengah ancaman resesi dunia yang mengancam saat ini,” pungkasnya. (pca/hjr)

#dprd jatim