Rabu, 24 April 2024

DPMD Bojonegoro Gelar Sosialisasi Program Jatim Puspa

Diunggah pada : 4 Agustus 2022 22:40:08 61
Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengahadiri Sosialisasi Kabupaten Program Jatim Puspa pada Kamis (04/08)

Jatim Newsroom - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bojonegoro menggelar acara Sosialisasi Kabupaten Program Jawa Timur Pemberdayaan Usaha Perempuan (Jatim Puspa), di Ruang Partnership Room Gedung Pemkab Bojonegoro. Kegiatan ini dihadiri Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah serta diikuti oleh 85 peserta yang terdiri dari beberapa camat, kepala desa, anggota PKK serta para pendamping desa, Kamis (4/8/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro, Machmuddin, mengatakan dalam program Jatim Puspa, Kabupaten Bojonegoro dilaksanakan di 7 desa di 4 kecamatan. "Program Jatim Puspa selaras dengan RPJMD Kabupaten Bojonegoro yaitu pengentasan kemiskinan. Kita melaksanakan program dengan memberikan pelaku usaha sesuai dengan ketentuan operasionalnya," ungkap Machmuddin.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, mengatakan ini bukanlah pertama kalinya Pemkab Bojonegoro mendapatkan program Jatim Puspa.

"Ini bukan yang pertama kali, dimana sebelumnya juga berlangsung di titik lokasi yang berbeda. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pemprov Jatim yang telah melakukan sharing program ini kepada Pemkab Bojonegoro, semoga program bisa berjalan seperti yang diharapkan, “harap Bupati Bojonegoro.

Program Jatim Puspa merupakan salah satu program  refocusing dalam rangka penanganan dampak Covid-19 yang dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat terdampak sehingga dapat pulih dan meningkat ketahanan sosial serta ekonominya. Program Jatim Puspa difokuskan untuk peningkatan pendapatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam pemulihan dampak wabah Covid-19. KPM sasaran Jatim Puspa adalah perempuan yang memiliki usaha dan memiliki tingkat kesejahteraan 8-12 % terendah berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Selain itu Program Jatim Puspa juga ditujukan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Graduasi Mandiri Sejahtera Program Keluarga Harapan (PKH). (yan/s)

#Bupati Ana