Senin, 15 Juli 2024

DP3AP2KB Launching SOTH Dan Selantang

Diunggah pada : 6 September 2022 18:35:53 372
Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko

Jatim Newsroom - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Probolinggo meresmikan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang), di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo, Selasa (6/9/2022).

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto, menyampaikan gencarnya stunting yang menjadi penanganan bersama. Dengan adanya pemberian pendidikan melalui SOTH dan Selantang diharapkan dapat menciptakan para keluarga yang tangguh dan berpotensi, berpeluang membantu mengatasi permasalahan stunting maupun permasalahan kemiskinan.

“Sekolah ini memiliki tujuan agar dapat mencetak orang tua hebat dengan memiliki kemampuan mendidik yang baik dan benar terhadap anak. Sedangkan para lansia dicetak menjadi lansia yang tangguh, mempunyai kekuatan yang mandiri dan terdidik membentuk keluarga yang baik,” ungkapnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo, Nunung Timbul Prihanjoko, menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga tentang pengasuhan sebagai langkah strategis.

“Manfaatkan sekolah ini sebaik-baiknya dan diikuti dengan sungguh-sungguh selama 3 (tiga) bulan. Ilmu pengetahuan yang diberikan nantinya sebagai bekal khususnya bagi keluarga,” katanya.

Menurut Nunung, dengan SOTH dan Selantang diharapkan nantinya sangat bermanfaat, menambah pengetahuan serta menambah wawasan pada Bina Keluarga Balita (BKB) dalam hal pengasuhan bagi keluarga yang memiliki anak usia dini dan juga kepada Bina Keluarga Lansia (BKL) bagi yang memiliki keluarga lansia.

Sedangkan Camat Leces, Moh. Syariffudin, menambahkan kegiatan ini merupakan sebuah apresiasi bagi masyarakat Kecamatan Leces untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bagi Bina Keluarga Balita (BKB) maupun Bina Keluarga Lansia (BKL) menjadi kader yang berkualitas. “Para peserta hendaknya mengikuti sekolah yang dilakukan dari awal sampai akhir dalam kurun waktu tiga bulan,” ujarnya.

Untuk SOTH dalam tiga bulan ada 14 kali pertemuan dan Selantang ada 11 kali pertemuan. Usai mengikuti pendidikan, para peserta akan mengikuti wisuda sekaligus penyerahan ijazah pada bulan Desember 2022.

Peserta yang mengikuti SOTH sebanyak 30 orang berasal dari Bina Keluarga Balita (BKB) Mutiara Desa Leces Kecamatan Leces. Sedangkan peserta yang mengikuti Selantang sebanyak 30 orang yang berasal dari Bina Keluarga Lansia (BKL) Gepeng Desa Kalisalam Kecamatan Dringu.

Untuk peserta yang dinyatakan lulus berkesempatan diwisuda sekaligus penyerahan ijazah. Bagi peserta melebihi 2 (dua) kali tidak hadir atau tidak mengikuti materi pelajaran selama 3 (tiga) bulan, peserta tersebut dinyatakan tidak lulus atau tidak mendapatkan ijazah.

Launching ini ditandai dengan penyerahan buku materi pembelajaran oleh Juni perwakilan dari BKKBN Provinsi Jawa Timur kepada Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko yang disaksikan oleh para undangan.

SOTH dan Selantang mengarah terbentuknya model sekolah orang tua hebat bagi BKB dalam hal pembinaan tumbuh kembang dan pembentukan karakter anak. Sedangkan meningkatkan kualitas kegiatan kelompok BKL dalam mewujudkan lansia tangguh yang berada di Leces maupun Dringu.(ern)

#kabupaten probolinggo