Jumat, 29 Maret 2024

DP3AK Jatim Gelar Pertemuan Penguatan Indeks Pembangunan Gender

Diunggah pada : 28 Februari 2023 20:07:26 120
Foto Peserta Penguatan Indek Pembangunan Gender

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Pemberdayaan  Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK)  Jatim,  Restu Novi Widiani, membuka Pertemuan Penguatan Indeks Pembangunan Gender melalui Pengarusutamaan Gender (PUG)  Kab/Kota di Bakorwil Jember, Selasa (28/2/2023).

Pada kesempatan ini, Restu Novi Widiani, mengatakan Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, merupakan kewenanan yang diberikan kepada pemerintah daerah. indikator capaian kinerja dalam urusan tersebut adalah Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG).  

Lebih lanjut Restu Novi Widiani menjelaskan, capaian kinerja Provinsi Jatim untuk IPG meningkat, walaupun masih dianggap belum optimal, yaitu dari 91,06 tahun 2020 menjadi 91,36 tahun 2021. sedangkan IDG menurun dari. 73,03  tahun 2020 menjadi 72,36  tahun 2021.  

Indeks Pembangunan Gender (IPG) adalah Indikator Kinerja Utama (IKU) yang terangkum dalam RPJMD Jatim 2020-1024, dan Indek Pemberdayaan Gender (IDG) adalah Indeks Kinerja Daerah (IKD)  Kepala Dinas P3AK.

Menurut Novi, di kabupaten kota walau tidak semua RPJMD  mencantumkan IPG, namun IPG tetap menjadi bahan evaluasi kinerja kesetaraan gender dan IDG sebagai indikator kinerja kesetaraan gender yang merupakan urusan daerah dalam uu no 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah..

"Capaian belum optimal akan menjadi perhatian kita semua, terlebih lagi Gender Equality / kesetaraan gender merupakan goals  ke-5 dalam sustainable development goal’s (SDGS). Berkaitan dengan hal tersebut, dan mengingat utamanya di wilayah Bakowil Jember perlu diadakan fokus grup diskusi membahas permasalahan yang mendasari capaian kinerja tersebut," ujar Novi.

Dijelaskannya, dalam RPJP dan RPJMN  2020-2024 terwujudnya kesetaraan gender merupakan salah satu sasaran untuk dicapai.  Dalam strategi nasional (stranas) PUG di amanahkan bahwa  semua jenjang pemerintahan termasuk non pemerintah agar melaksanakan pengarusutamaan gender (PUG)  sebagai salah satu strategi pembangunan untuk mmencapai kesetaraan gender.

Ketua Panitia, One Widyawati, menyampaikan, pertemuan ini adalah meningkatkan pemahaman, pelaksanaan dan evaluasi pug dalam rangka percepatan pembangunan responsif gender provinsi Jawa Timur. 

Forum ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman kinerja pembangunan IPG dan IDG, meningkatkan pemahaman tentang permasalahan – permasalahan capaian kinerja IDG dan mendorong upaya tindak lanjut percepatan peningkatan indikator IPG dan IPG di kabupaten dan kota di wilayah Bakorwil Jember

Peserta pada sejumlah 60 (enampuluh) orang yang diikuti oleh 1 orang  dari bappeda/bapeko diwilayah Bakorwil Jember, 1 orang dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten/Kota di wilayah bakorwil jember,  1 orang dari  Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten/ Kota di wilayah Bakorwil Jember, 1 orang dari BPS kabupaten kota di wilayah Bakorwil Jember dan 2 orang dari Bakorwil Jember. (her)

#DP3AK