Minggu, 5 Februari 2023

DP3AK Jatim Berharap Partisipasi Anak dalam Penanganan Kekerasan

Diunggah pada : 26 November 2022 16:13:41 51
Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK), Restu Novi Widiani dan Forum Anak Jawa Timur

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK), Restu Novi Widiani, berharap ada unsur partisipasi anak dalam penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Hal ini masuk dalam program” Pos Sapa” yang telah diluncurkan oleh DP3AK Jatim beberapa waktu yang lalu.

Restu Novi Widiani di kantornya, Selasa (29/11/2022) menjelaskan, minggu lalu DP3AK menggelar rapat koordinasi dengan melibatkan anak-anak sebagai konselor sebaya dalam Pos Sapa. Perlibatan anak-anak dalam Pos SAPA ini juga akan diterapkan di Kabupaten Kota. "Nantinya akan ada Satgas Pos SAPA, dimana forum anak kabupaten/kota juga akan terlibat sebagai konselor sebaya”, ujar Novi.

Menurut Novi, selama ini anak-anak akan lebih sering bercerita kepada teman-temannya, sehingga penting bagi anak untuk memiliki kemampuan sebagai konselor sebaya. Hal ini juga berdasarkan data yang disampaikan oleh UNICEF dalam laporan Disrupting Harm in Indonesia bahwa jika terjadi kekerasan terhadap anak di ranah daring, kurang lebih 40% anak akan menyampaikan atau bercerita kepada teman-temannya.

“POS SAPA adalah sarana untuk menangani masalah perempuan anak berbasis masyarakat, maka keterlibatan anak di Pos SAPA sangatlah penting. Bahwa kegiatan ini inisiasi dari unicef dalam rangka hari anak internasional, dengan pembelajaran anak-anak rapat membahas permasalahan mereka dengan solusinya,” terang Novi.

Sejak awal tahun 2021, Forum Anak Jawa Timur telah meluncurkan program FAJ Care, dimana anak-anak melalui platform pesan singkat dapat menyampaikan permasalahan yang mereka hadapi berusaha mencari solusi atau rujukan dari permasalahan tersebut.

“Sepanjang tahun 2021, setidaknya ada 77 kasus yang sudah kami terima dan lebih dari 80% sudah diselesaikan,” ujar Ketua Forum Anak Jawa Timur, Locita.(her/s)

#DP3AK