Kamis, 18 April 2024

Dorong Kebangkitan Ekonomi Nasional, Lumajang Canangkan Wakaf Uang

Diunggah pada : 3 November 2022 15:31:40 47
Launching Gerakan Lumajang Berwakaf

Jatim Newsroom - Banyaknya masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan wakaf, diharapkan dapat dikembangkan berbagai program dan kegiatan untuk memberdayakan masyarakat termasuk umat, sehingga berdampak pada menurunnya kemiskinan dan ketimpangan.

"Saya ingin mengajak masyarakat untuk ikut berwakaf uang. Jadikan wakaf uang sebagai sarana kita untuk berbagi dan sarana untuk mendorong kebangkitan ekonomi nasional," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Agus Triyono saat membacakan sambutan tertulis Bupati Lumajang dalam acara launching Gerakan Wakaf Uang, yang bertajuk "Lumajang Berwakaf", bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis (3/11/2022).

Menurutnya, wakaf adalah salah satu ajaran Islam yang memuat pesan kepedulian, berbagi dan upaya melakukan pemerataan kesejahteraan. Untuk itu, wakaf memiliki dimensi ekonomi karena dapat dijadikan instrumen dalam mengatasi kesenjangan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

"Pembenahan pengelolaan wakaf uang yang lebih profesional dan modern, diharapkan akan mendorong pengerahan secara serentak sumberdaya ekonomi yang dapat digunakan mendorong investasi dan kegiatan ekonomi di masyarakat," terang dia.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Lumajang Muhammad Muslim menyampaikan, bahwa dirinya menyambut dengan baik gerakan wakaf uang yang bertajuk Lumajang Berwakaf. Oleh karena itu, dia berharap gerakan tersebut dapat didukung secara bersama-sama dan disosialisasikan kepada masyarakat.

Senada dengan hal itu, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Jawa Timur Jeje Abdul Rozak mengatakan, bahwa dirinya berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada BWI Kabupaten Lumajang atas di launchingnya gerakan Lumajang Berwakaf. Harapannya, dapat memberikan nilai kualitatif pada pembangunan di Kabupaten Lumajang.

"Saya yakin dengan wakaf ini kita berinvestasi dan manfaatnya abadi. Wakaf ada dua manfaat yang luar biasa, yaitu nikmat kiriman pahala setelah kita wafat dan memberi kualitas masa depan umat yang semakin bermartabat," pungkasnya. (jal)

#lumajang