Minggu, 14 Agustus 2022

Dongkrak Perolehan Medali Kormi Jatim, Kungfu Tradisional Sumbangkan 36 Medali Emas

Diunggah pada : 7 Juli 2022 17:19:58 47
Salah satu Tim Kung Fu Tradisional Jatim memperoleh medali emas diajang Fornas VI Sumatera Selatan.

Jatim Newsroom - Kungfu Tradisional Jatim menjadi jenis olahraga (jenor) yang menyumbangkan banyak medali emas pada ajang Fornas VI Sumatera Selatan pada kontingen Jatim. Total 36 medali emas, 24 medali perak dan 17 medali perunggu yang disumbangkan oleh Kungfu Tradisional. 

Sylvia, Pelatih  Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia (AKTI) Kota Surabaya di Fornas VI Sumatera Selatan, Kamis (7/7/2022) ditemui di Palembang mengatakan, prestasi yang diraih tim Kungfu Tradisional Jatim tentu diluar dugaan semua pihak. Torehan prestasi tersebut tentunya akan memicu semangat teman - teman atlet bahwa Kungfu Tradisional Jatim cukup unggul dan menjadi rujukan daerah lainnya.

Untuk diketahui, Kungfu tradisional menjadi salah satu yang tetap konsisten melestarikan tradisi nenek moyang ini. Di sasana di bawah naungan AKTI, kungfu tradisional dikenalkan kepada anak-anak dan masyarakat.

Istilah kungfu kali pertama dikenalkan oleh pedagang dan misionaris dari Barat (Eropa) yang pernah menetap di Tiongkok. Mereka kembali ke negara asalnya, dan menyebarkan istilah kungfu. 

Nama kungfu semakin dikenal setelah Bruce Lee (Lee Siao Lung) memperkenalkannya melalui film-film action-nya. Juga oleh aktor film Jet Li. Ia tercatat sebagai juara wushu nasional Tiongkok. 

Dikatakannya, potensi atlet kungfu tradisional sangat besar. Pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mengenalkannya. Terutama bagi generasi milenial yang bisa menjadi penerus seni bela diri ini. (jal/hjr)

#Fornas Palembang