Sabtu, 20 April 2024

DKUPP Kabupaten Probolinggo Beri Pelatihan Handycraft Bambu Tali

Diunggah pada : 16 November 2022 16:56:48 36
Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto membuka pelatihan Handycraft Bambu Tali

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan Handycraft bambu tali di Desa Klaseman, Rabu hingga Jum’at (16-18/11/2022).

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo, Anung Widiarto, mengatakan, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Pada tahun 2021 jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97%. Kontribusi tersebut meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun 60,4% dari total investasi.

“Dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka menumbuhkan jiwa entrepreneur melalui pelatihan Handycraft bambu tali ini diharapkan meningkatkan wirausaha baru yang melesatkan pertumbuhan nasional karena dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja sehingga mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran khususnya di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Anung, untuk menjadi UMKM unggul diperlukan SDM yang unggul sehingga mampu bersaing khususnya pada era industri 4.0 yang menuntut UMKM harus selalu inovatif dalam mengembangkan dan memasarkan produk.

“Kami mengharap semua peserta memanfaatkan fasilitas pelatihan ini secara maksimal dengan tujuan menumbuhkan wirausaha baru yang menghasilkan produk desain yang inovatif dan kreatif sehingga dapat bersaing dan dapat memenuhi permintaan pasar fashion yang terus berkembang,” jelasnya.

Melalui pelatihan ini Anung mengharapkan akan muncul wirausaha baru yang nantinya dapat menunjang tingkat pendapatan keluarga serta mendorong tumbuh kembangnya usaha mikro di wilayah Kecamatan Gending.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian siap untuk mendukung baik dari sisi pembinaan managemen usaha mikro maupun pembinaan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha mikro di wilayah Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Kepala Bidang Usaha Mikro DKUPP Kabupaten Probolinggo Zulkarnain mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan motivasi masyarakat untuk terjun ke dunia wirausaha serta menumbuhkan wirausaha baru.

“Selain itu, memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengembangan tata kelola usaha, produksi dan pemasaran serta meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Pelatihan diikuti oleh 40 orang peserta dari masyarakat di wilayah Kecamatan Gending. Selama kegiatan mereka dipandu narasumber dari owner Marem Craft.(ern)

#kabupaten probolinggo