Jumat, 29 Maret 2024

Ditunggui Wali Kota Eri Cahyadi, Surabaya Raih Emas Terakhir Porprov Jatim 2022

Diunggah pada : 3 Juli 2022 17:20:26 723
Wali Kota Eri Cahyadi, bersama Tim Futsal Surabaya Raih Emas Terakhir Porprov Jatim 2022

Jatim Newsroom - Tim futsal putra Surabaya keluar sebagai juara dan berhak medali emas Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII/2022 Jatim. Arek-arek Suroboyo menjadi pemenang final futsal putra dengan mengalahkan tetanganya, Sidoarjo 5-1, Minggu (3/7/2022).

Bermain di lapangan futsal Gudang Resi Jember, tim putra Surabaya bermain lebih mendominasi dan unggul dalam penguasaan bola dibanding anak-anak Sidoarjo.

Kehadiran Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan ikut menunggui selama berlangsungnya pertandingan final, membuat skuad polesan Supriyanto ini bertambah motivasi memberikan hasil terbaik bagi Kota Pahlawan.

Pada awal laga, sejatinya permainan Surabaya dan Sidoarjo cukup berimbang. Tapi Surabaya berinisiatif tampil lebih agresif dan melakukan takanan ke tim Sidoarjo.

Surabaya membuka gol lewat sambaran keras Dimas Angga di menit ke-6. Gol pembuka tersebut membuat pemain Surabaya terpacu untuk bermain lebih menyerang dan melakukan tekanan ketika kalah bola. Akibatnya, Sidoarjo kesulitan mengembangkan permainan.

Berawal dari serangan cepat dari bawah, Zaharzah Dean membawa Surabaya unggul 2-0 atas Sidoarjo di menit ke-16. Pemain Sidoarjo coba menutup ruang Zaharzah, tapi ia mampu lolos dan menjebol gawang Sidoarjo. Skor 2-0 untuk Surabaya bertahan hingga babak pertama bubar.

Masuk ke babak kedua, Sidoarjo langsung bermain cepat dan tidak memberi ruang gerak ke pemain Surabaya. Hasilnya, Sidoarjo mampu menekan dan mengurung  daerah pertahanan Surabaya. Sayang, semua upaya yang dilakukan anak-anak Sidoarjo gagal berbuah gol.

Di saat unggul pengusaan bola, Sidoarjo harus kecolongan gol Surabaya yang dihasilkan melalui Anang Triyas di menit ke-29.

Sudah tertinggal tiga gol, membuat Sidoarjo berusaha mengejar ketinggalan. Satu gol mampu diciptakan Alvin Dian apda menit ke-31.

Saat mulai beranjak bangit, petaka harus diterma Sidoarjo di menit ke-33. Rizky Ramadhan harus diusir wasit usai menerima kartu kuning kedua yang dilanjut kartu merah akibat bermain keras.

Kalah jumlah pemain akhirnya dimanfaatkan Surabaya dengan balik bermain agresif. Hasilnya, dua gol mampu dijaringan Amirul Mukminin dalam satu menit tepatnya di menit 34.  Setelah itu tidak ada gol tambahan.

"Kunci kemenangan kami karena pemain bermain penuh semangat dan sabar. Pemain tidak terprovokasi permainan lawan, sehingga akhirnya mampu buat gol banyak," sebut Supriyanto, pelatih tim futsal putra Surabaya saat ditemui usai laga.

Kehadiran Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga membangkitkan semangat dan mental tanding anak-anak futsak Kota Pahlawan. Ia menunggui Dimas Arya dkk bertanding hingga selesai dan ikut prosesi pengalumangan medali Porprov Jatim 2022.

"Alhamdulillah bisa mempertahankan juara (futsal putra), tapi kali ini skor kemenangan cukup meyakinkan 5-1. Ini merupakan emas terakhir Surabaya dari cabor futsal, dan alhamdulillah Surabaya meraih total medali emas 130," sebut Eri Cahyadi.

Orang nomor satu di Pemkot Surabaya ini mengaku bangga dengan capaian atlet di Porprov Jatim 2022 ini. Capaian medali emas ada peningkatan dibanding Porprov sebelumnya (2019). Saat itu Surabaya meraih 113 emas.

"semoga ini jadi pemicu semangat, sportivitas dan tahun depan ditingkatkan lagi," tutup Eri Cahyadi. (hen/n)

#PORPROV Jatim #Wali Kota Surabaya