Rabu, 1 Februari 2023

Ditjen IKP Kominfo RI Gelar Bimtek “Trik Cantik Foto Jurnalistik”

Diunggah pada : 11 Agustus 2022 12:29:09 132
Direktur Pengelolaan Media, Ditjen IKP Kominfo RI, Nursodik Gunarjo saat memberi sambutan pada acara Bimbingan Teknis bertajuk “Trik Cantik Foto Jurnalistik”, Kamis (11/8/2022)

Jatim Newsroom – Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Ditjen IKP Kominfo RI) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk “Trik Cantik Foto Jurnalistik”, Kamis (11/8/2022), di Hotel Swiss-Belinn Malang.

Direktur Pengelolaan Media, Ditjen IKP Kominfo RI, Nursodik Gunarjo menerangkan bahwa kegiatan bimtek ini diberi nama JARKOM yang merupakan singkatan dari Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom.

“JARKOM di Malang ini merupakan yang ketiga kalinya dan mengangkat tema tentang fotografi jurnalistik. Pelaksanaan pertama itu di Bali tentang penulisan berita online yang efektif. Kemudian yang kedua kami laksanakan di Batam tentang penulisan berita online dan teknik SEO,” terang Nursodik.

Ia pun menekankan pentingnya peran fotografi dalam menunjang sebuah liputan, terutama di era media sosial. Untuk itu, Ditjen IKP mengambil tema tentang Foto Jurnalistik dalam bimtek kali ini.

“Kalau dulu Foto Jurnalistik seperti hanya pelengkap berita, tetapi kondisi saat ini memiliki peran begitu penting. Era media sosial menuntut komunikasi publik terutama terkait pemerintahan agar bisa disajikan dengan cara yang menarik. Selain itu, ada pepatah yang mengatakan bahwa 1 gambar itu menceritakan 1000 peristiwa, di situlah kekuatan fotografi. Jadi semoga bimtek kali ini menambah ilmu dan pengetahuan kita,” tegas Nursodik.

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto menambahkan tentang perlunya langkah-langkah inovatif, kreatif, dan eksploratif dalam setiap peliputan fotografer pemerintah.

“Sering kali kita terjebak dengan pengambilan foto yang bersifat seremonial. Padahal banyak hal, berita di balik berita yang bisa diambil oleh teman-teman fotografer. Teman-teman bisa menggali, bisa menelusuri hal-hal yang bersifat humanis. Jadi mari kita manfaatkan forum ini. Saya yakin narasumber yang hadir ini akan memberikan ilmu dan membuka wawasan agar foto kita semakin memiliki kekuatan tersendiri,” tuturnya. (idc/n)

#kominfo #BImtek #foto jurnalistik