Rabu, 24 April 2024

Distribusi Medali Porprov, Pengurus Provinsi Cabang Olahraga Berharap Sebarannya Merata

Diunggah pada : 30 Juni 2022 10:22:54 63
Dashboard Perolehan Medali Sementara Porprov Jatim.

Jatim Newsroom - Empat hari menjelang berakhirnya perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim 2022 di Jember - Lumajang - Bondowoso - Situbondo, dalam daftar Perolehan Medali yang dirilis porprovjatim.com, Kamis (30/6/2022) pagi, merilis 38 Kontingen Kabupaten Kota telah mengoleksi raihan medali emas - perak - perunggu.

Meskipun jumlah medali emas bukan menjadi penentu urutan klasemen, karena sistim jumlah nilai dari poin yang didapat dengan konversi : medali emas 4 poin, medali perak 2 dan medali perunggu 1, namun medali emas adalah medali juara bagi atlet dari cabang olahraganya dan jumlah medali emas penentu juara umum dari setiap cabor yang dipertandingkan.

Distribusi medali dan juara dari ajang kejuaraan olahraga ini menjadi perhatian serius dari Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga, karena hasilnya menjadi tolok ukur keberhasilan pembinaan atlet cabang olahraga yang dilakukan oleh Pengurus Kabupaten Kota Cabang Olahraga di daerah. 

Pemerataan perolehan medali yang didapat dari seluruh cabang olahraga yang diikuti oleh Kontingen Porprov dalam jangka panjang juga penting untuk regenerasi atlet berprestasi di Jawa Timur. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim, Mirza Muttaqien, setelah melihat secara keseluruhan pelaksanaan lomba Cabor Selam dan menghasilkan pemenang Kabupaten Pasuruan sebagai Juara Umum dengan perolehan 14 emas, 8 perak dan 4 perunggu, disusul Kota Malang dan Kota Surabaya sama - sama meraih 4 emas, bedanya Surabaya kalah jumlah medali peraknya.

"Dengan hasil ini kita banyak bibit baru, namun, catatannya perolehan medali belum merata. Kabupaten Pasuruan terlalu mendominasi ini kurang bagus. Artinya, pembinaan yang dilakukan daerah belum maksimal,” ungkap Mirza, dalam rilisnya Rabu (29/6/2022). (pno)

 

#perolehan medali sementara

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait