Jumat, 14 Juni 2024

Disparbud Kab Pasuruan Mengadakan Pelatihan Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Destinasi

Diunggah pada : 30 Agustus 2022 12:53:23 123
Bupati Irsyad Yusuf dalam agenda Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Destinasi serta Pelatihan Homestay pada hari Senin (29/8/2022).

Jatim Newsroom - Untuk meningkatkan kemampuan manajerial destinasi wisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kembali mengadakan pelatihan bagi para pelaku pariwisata, yang dibuka oleh Bupati Irsyad Yusuf dalam agenda Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Destinasi serta Pelatihan Homestay pada hari Senin (29/8/2022).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (29/8/2022) hingga Kamis (31/8/2022) di Hotel Royal Tretes View tersebut Bupati menekankan tentang urgensitas pengelolaan homestay. Terlebih hal itu merupakan aspek penting yang perlu dikuasai dalam mengelola destinasi wisata. Targetnya, pelaku wisata mampu meningkatkan laju perputaran roda perekonomian di lingkungan sekitarnya.

“Kabupaten Pasuruan memiliki ragam objek wisata yang otentik akan budaya khas masing-masing daerahnya. Maka dari itu dibutuhkan tata kelola destinasi yang terorganisir antar stakeholder. Semuanya harus terlibat, baik Pemerintah Daerah, akademisi, pihak swasta (pengelola wisata), komunitas maupun media,” ujar Bupati.

Gus Irsyad sapaan akrab Bupati menyampaikan, pengelolaan tata kelola bisnis dan destinasi meliputi sektor atraksi hingga akomodasi yang terintegrasi yang diharapkan mampu menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Kabupaten Pasuruan. Pada akhirnya akan membuka lapangan kerja. Tentunya sesuai visi Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan yakni “Menuju Kabupaten Pasuruan Yang Sejahtera, Maslahat dan Berdaya Saing”.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, seluruh peserta memahami pengelolaan bisnis wisata dan homestay dengan baik. Yang tak kalah pentingnya, kami berharap, Bapak Ibu sekalian tetap patuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Semoga pandemi segera berakhir, sehingga pariwisata di Kabupaten Pasuruan bisa segera pulih kembali,” ujar Bupati kepada seluruh peserta pelatihan yang juga diikuti oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Pasuruan tersebut.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Disparbud, Eka Wara Brehaspati dan Camat Prigen Tri Krisni Astuti yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, serta beberapa narasumber dari Praktisi Pengelola Desa Wisata dan akademisi, serta Forkom Pokdarwis Provinsi Jawa Timur.  (yan/n) 

#Bupati Pasuruan