Kamis, 18 Juli 2024

Disnakkes Kabupaten Pasuruan Gencar Periksa Kesehatan Hewan Qurban

Diunggah pada : 14 Juni 2024 16:13:34 10

Jatim Newsroom – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan gencar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dijual di pinggir jalan, pasar hewan hingga bedak-bedak dadakan yang dibangun oleh masyarakat menjelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. 

Dikutip dari alamn resmi Pemkab Pasurua, hari ini Jumat (14/6/2024), para petugas Dinas Peternakan berkeliling ke sejumlah lapak penjualan hewan qurban, baik sapi maupun kambing. Selama pemeriksaan, petugas mengecek kondisi kesehatan satu persatu hewan qurban meski tak seluruhnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan, drh Ainur Alfiah menjelaskan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan secara sampling. Tujuannya tak lain untuk memberikan jaminan kepada masyarakat yang akan membeli dan menyembelih hewan kurban, serta untuk mewaspadai Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) menjelang Hari Raya Idul Adha.

Dikatakan Alfiah, pemeriksaan hewan qurban sudah dilakukan diantaranya ke wilayah Kecamatan Grati, Gondangwetan, Gempol, Beji, Pandaan dan Bangil. Jumlah petugas pun mencapai 100 orang untuk memeriksa hewan qurban, baik antemortem maupun post mortem saat Hari Raya Idul Ada mendatang.

Dari hasil pemeriksaan, petugas menyatakan semua hewan qurban dinyatakan sehat dan layak untuk diqurban. Meski begitu, petugas masih menemukan adanya hewan qurban yang sakit mata dan sakit kulit dan seketika langsung diobati. (yan/hjr)

 

#kabupaten pasuruan