Sabtu, 20 April 2024

Disnakertrans Jatim - Kemanaker RI Gelar Job Fair

Diunggah pada : 22 Agustus 2022 10:33:18 693
Disnakertrans Jatim Bekerjasama dengan Kemanaker Gelar Job Fair

Jatim  Newsroom - Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur bekerjasama mengadakan rangkaian kegiatan job fair pada bulan September dalam bentuk "Bulan Pasar Kerja". 

"Job fair ini kembali diselenggarakan setelah covid-19 melandai. Dan kini lowongan kerja mulai bertahap dibuka oleh perusahaan-perusahaan," ujar Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, Senin (22/8/2022).

Lebih lanjut, Himawan Estu Bagijo, menjelaskan, menurut catatan aplikasi Siap Kerja milik Kemenaker sudah ada 37.790 orang yang mendaftar dan mencari pekerja. Sementara jumlah lowongan yang tersedia hanya 3.824 di 3.002 perusahaan yang tersebar di berbagai kabupaten kota di Jatim.

"Mayoritas pendaftar di aplikasi tersebut merupakan pencari kerja dengan lulusan SMK dan S1, Sementara lowongan pekerjaan yang banyak dibuka adalah untuk tenaga teknisi dan administrasi,” kata Himawan Estu Bagijo.

Untuk memberikan layanan dan kesempatan kerja, Disnakertrans Jatim rutin membuka aktivitas career day dan job fair. Dalam waktu dekat career day akan digelar pada 23-24 Agustus di Uinsa Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Kemenaker, Disnakertrans Jatim, dan UINSA.

"Ada 50 perusahaan yang membuka lowongan di acara tersebut, dan 16 perusahaan di antaranya didukung dari mitra kerja Disnakertrans Jatim. Selain itu, tercatat sudah ada 3.236 pencari kerja terdaftar yang akan datang dalam acara tersebut. Kami estimasi peserta yang ikut bisa mencapai lima ribu orang," teang Himawan.

Tak hanya bulan ini, Disnakertrans Jatim juga bakal menggelar job fair bulan depan. Pada 6-11 September diadakan bursa kerja secara virtual dengan lowongan yang disediakan mencapai 5.278 lowongan. kemudian tanggal 7-8 September dilakukan bursa kerja secara offline inklusi dengan membuka lowongan kerja bagi penyandang disabilitas.

"Formasi pekerjaan paling banyak adalah operator alas kaki dan administrasi, di perusahaan makanan minuman, serta lowongan bekerja di luar negeri, Malaysia. Terbuka juga lowongan pelatihan untuk bekerja sebagai caregiver (pengasuh lansia) di Jepang dan sektor manufactur serta konstruksi di Taiwan," jelasnya

Himawan mengatakan, saat ini Jatim terus meningkatkan potensi dan kemampuan calon pekerja. Serangkaian pelatihan di BLK-BLK terus digelar agar kompentensi calon pekerja bisa diupgrade. Dengan begitu bisa bersaing dalam mendapatkan lowongan kerja di dalam maupun di pasar global. (her/s)

#disnakertrans