Senin, 28 November 2022

Disnakertrans Jatim Berbagi Pengalaman pada Bimtek ULD Kemenaker

Diunggah pada : 9 Juni 2022 16:43:30 84
Kadisnakertrans Jatim - DR Himawan Estu Bagijo SH MH

Jatim Newsroom - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur berbagi pengalaman terkait Unit Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Ketenagakerjaan pada saat acara Bimbingan Teknis (Bimtek) ULD yang digelar Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI, di Aria Centra Surabaya Hotel, Kamis (9/7/2022).

Pada saat menjadi pembicara, Kadisnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, mengucapkan terimakasih karena Jatim dijadikan sebagai percontohan impelemntasi ULD. Menurutnya, meski sudah berjalan baik, namun harus diakui masih banyak kekurangan dari Jatim, antara lain seperti sarana prasarana yang masih perlu dipenuhi.

Namun dengan adanya SK Gubernur No.188/199/PKTS/013/2022 tentang ULD Bidang Ketenagakerjaan, menunjukan bukti komitmen kuat daerah untuk memberi layanan penempatan yang inklusi bagi penyandang disabilitas.

"Memang perlu empati dan upaya yang lebih jika ingin memberi layanan bagi penyandang disabilitas," ujar Himawan.

Himawan menyampaikan bahwa keberadaan ULD Disnakertrans Jatim telah berkontribusi, mengispirasi terbentuknya ULD lain di daerah dan mengimplementasikan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"ULD ini sebagai bentuk pemenuhan hak dasar sebagai warga negara dan penyediaan kerja yang layak. Selain itu juga mendukung capaian SDG’S dalam aspek pertumbuhan ekonomi untuk perluasan kerja, mengurangi ketimpangan, kerjasama antar stakeholder dan penurunan kemiskinan. Dengan demikian tidak ada warga negara khususnya warga Jawa Timur khususnya penyandang disabilitas yang tertinggal," tuturnya. (her/s)

#jatim #disnakertrans