Jumat, 29 Maret 2024

Disnakertrans Jatim Adakan Workshop Millenial Job Center Inklusi Penyandang Disabilitas

Diunggah pada : 22 Juni 2022 16:32:58 140
Workshop Millenial Job Center (MJC) Inklusi Penyandang Disabilitas, Selasa (21/6/2022) di Malang

Jatim Newsroom – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Disnakertrans Jatim) menggelar Workshop Millenial Job Center (MJC) Inklusi Penyandang Disabilitas selama 3 (tiga) hari pada tanggal 21-23 Juni 2022, di Hotel Grand Mercure Malang. 

Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo menyampaikan, kegiatan ini diinisiasi dalam rangka melaksanakan tugas yang diamanatkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Tugas tersebut adalah memberikan kesempatan pelatihan yang sama kepada para penyandang disabilitas dan wajib menempatkan peserta pelatihan tersebut ke dunia kerja. 

Himawan menjelaskan bahwa pada tanggal 16 Juni 2022 lalu, Gubernur Khofifah meluncurkan Gerakan Bersama Penuntasan Layanan Dokumen Kependudukan Bagi Disabilitas untuk Mewujudkan Masyarakat Inklusif di Jawa Timur. Jenis layanan yang diberikan adalah berupa layanan Akta Kelahiran, KIA (Kartu Identitas Anak), dan KTP (Kartu Tanda Penduduk). 

“Beberapa waktu lalu, Ibu Gubernur telah meluncurkan pendataan kependudukan bagi semua warga penyandang disabilitas di Jatim. Dengan demikian, identitas para penyandang disabilitas bisa terdeteksi sejak dini sehingga semua unsur pemerintah bisa memberikan perhatian sejak awal dan kesempatan yang sama,” terang Himawan. 

Ia pun menerangkan bahwa pihaknya juga mewajibkan 16 Balai Latihan Kerja (BLK) di Jawa Timur untuk menyiapkan program pelatihan khusus untuk penyandang disabilitas. “Berarti akan ada 16 program. Mohon dukungan supaya bisa menjadi contoh untuk provinsi lain,” sambung Himawan. 

Di penghujung sambutannya, Kepala Disnakertrans Jatim berharap semua pemangku kepentingan terkait bisa bersinergi dan mendukung program ini, seperti Komisi Nasional Disabilitas, BPJS Ketenagakerjaan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Disnakertrans Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dll. 

“Kawan-kawan, mohon kerja samanya supaya kawan-kawan kita ini di seluruh pelosok Jatim punya kesempatan yang sama dengan saudara-saudaranya yang lain. No one left behind,” tegas Kadis Himawan. 

Dalam laporannya, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnakertrans Jatim, Budi Raharjo menyampaikan bahwa workshop ini dilaksanakan secara luring dan daring. 

“Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang peserta, yang terdiri dari 31 orang penyandang disabilitas, 4 orang pendamping, dan sisanya dari non disabilitas. Kami berharap para milenial penyandang disabilitas juga bisa berdaya saing dan siap memasuki pasar kerja,” jelas Budi. (idc) 

#disnakertrans #disabilitas