Sabtu, 20 April 2024

Disnaker Kabupaten Mojokerto Gelar Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi

Diunggah pada : 17 November 2022 15:00:21 263
Sumber Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Mojokerto, menggelar pelatihan kerja berbasis kompetensi sebagai salah satu upaya  menekan angka pengangguran. Pelatihan dilaksanakan 10-15 hari di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Mojokerto.

Dalam pelatihan itu peserta terbagi dalam berbagai jenis keterampilan, antara lain tata rias, servis motor, dan servis handphone. Setiap bidang diikuti oleh 16 peserta, mereka bisa menentukan jenis pelatihan, pendaftar diberi kebebasan untuk memilih sesuai minat masing-masing. Peserta yang mengikuti pelatihan ini diutamakan keluarga pekerja pabrik rokok, pekerja yang di PHK dari pabrik rokok, dan warga sekitar pabrik rokok.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fatmawati saat membuka pelatihan mengatakan, salah satu tantangan besar yang dihadapi adalah menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada tahun 2022 ini. Tingkat pengangguran terbuka, terang Bupati Ikfina, berdasar dari masyarakat usia kerja, masyarakat mencari kerja, dan belum memperoleh kesempatan kerja.

"Saat ini tercatat ada 5,54% TPT di Kabupaten Mojokerto, atau setara dengan 35.033 jiwa. TPT tersebut masih di bawah rata-rata Provinsi Jawa Timur yaitu 5,74 %," terangnya, Rabu (16/11/2022) sebagaimana dirilis Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Mojokerto Bambang Purwanto, Kepala UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Mojokerto, Instruktur UPT BLK Mojokerto, Instruktur LPK Betarin Madiun, Forkopimca Mojoanyar, Kades Jatipasar, Kades Pugeran, Kades Candiwatu, Kades Padi. (idc/hjr)

#pelatihan #Kabupaten Mojokerto #angka pengangguran