Selasa, 29 November 2022

Diskop-UKM Musi Banyuasin Sumsel Kunjungi Jatim

Diunggah pada : 25 Agustus 2022 11:03:38 200
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) menerima kunjungan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (24/8/2022).

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Musi Banyuasin, Muhammad Jaya memimpin rombongan berjumlah 6 (enam) orang dan diterima Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi, Diskop-UKM Jatim, Cepi Sukur Laksana, di ruang Bung Hatta, Diskop-UKM Jatim.

Jaya menyebutkan bahwa di Musi Banyuasin terdapat 17 Kabupaten dengan 372 Koperasi.  Studi Tiru dilakukan sebagai bentuk konsultasi Program Pengawasan Koperasi, Penilaian Kesehatan Koperasi, dan Kunjungan ke Koperasi dan UKM.

Selanjutnya, Kabid Cepi menyampaikan bahwa jumlah Koperasi Binaan Provinsi Jawa Timur sebanyak 939 Koperasi. Koperasi yang masuk dalam kategori Klasifikasi Usaha Koperasi (KUK) I berjumlah 670 Koperasi; KUK II berjumlah 234 Koperasi; KUK III  berjumlah 19 Koperasi, dan KUK IV berjumlah 16 Koperasi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pengawasan Koperasi, bahwa bagi KUK III dan IV, saat memilih Pengurus dan Pengawas harus melalui Fit and Proper Test,” ujar Cepi.

Adapun program Kegiatan yang telah dilaksanakan Diskop-UKM Jatim antara lain pendampingan untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Bedah Koperasi, Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan, Penyusunan Aturan Internal Koperasi, dan Focus Group Discussion (FGD) dengan Polda dan Polres se-Jawa Timur dan Penguatan Pengawasan Internal Koperasi.

Dalam kesempatan yang sama, rombongan tamu dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Musi Banyuasin berkunjung ke Koperasi As Sakinah Surabaya. (idc/n)

#UMKM #Diskop UKM Jatim #koperasi