Kamis, 1 Juni 2023

Diskop-UKM Jatim Tingkatkan Mutu Produk UMKM Makanan dan Minuman

Diunggah pada : 23 Februari 2023 11:56:55 38
Sumber Foto: Istimewa

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) berupaya meningkatkan mutu dan kualitas produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) makanan dan minuman di Jatim.

Sekretaris Diskop-UKM Jatim, Veronica Ratih Murwani menyampaikan, koperasi dan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian di Jawa Timur dengan nilai kontribusi sebesar 57,81 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) provinsi.

Untuk itu, Diskop-UKM Jatim berkolaborasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim menggelar kegiatan sosialisasi keamanan pangan, selama 2 (dua) hari, Selasa-Rabu (21-22/2/2023) di Surabaya.

Ratih menyampaikan, diperlukan berbagai upaya guna mengembangkan dan memberdayakan sektor UMKM yang ada secara menyeluruh. “UKM makanan dan minuman di Jatim memiliki potensi yang tinggi, namun dalam menghadapi persaingan global masih banyak yang harus ditingkatkan. Jadi, jaminan mutu dan keamanan pangan harus terus dikembangkan sebagai syarat utama dalam parameter mutu pangan,” ungkapnya.

Mengingat program sertifikasi halal juga sedang digencarkan pemerintah, Ratih menyampaikan memastikan keamanan pangan dalam bahan juga termasuk bagian penting di dalamnya.

“Karena selain dinilai dari kehalalan produk, proses produksi dari awal hingga akhir yang harus bersih dan sehat juga termasuk poin yang harus dipenuhi oleh para UMKM produsen makanan dan minuman,” pungkas Ratih. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #Keamanan Pangan