Sabtu, 20 Juli 2024

Diskop-UKM Jatim Terima Kunjungan Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya

Diunggah pada : 25 Mei 2023 10:16:23 59
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) menerima kunjungan industri dari Yayasan Pendidikan Bimbingan Peningkatan Prestasi Siswa (BPPS), Penyelenggara Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya.

Kedatangan 20 siswa dan 4 (empat) guru pendamping ini disambut langsung oleh Pranata Humas Ahli Muda, Diskop-UKM Jatim, Arief Setiawan, di ruang Aria Wiriaatmaja, Kantor Diskop-UKM Jatim, Sidoarjo, Rabu (24/5/2023).

Arief memperkenalkan tugas pokok dan fungsi dari Diskop-UKM Jatim. “Kami di Dinas Koperasi dan UKM Jatim ini membina para KUKM mulai dari hulu ke hilir, yakni mulai dari persiapan usaha, produksi, akses permodalan, pemasaran, hingga manajemen atau pengelolaan pembukuan agar usaha terus sehat dan stabil,” jelasnya seperti dipublikasikan di laman resmi Diskop-UKM Jatim. 

Selanjutnya Arief menunjukkan program-program serta ekosistem usaha yang telah dibangun oleh Diskop-UKM Jatim selama ini untuk mendukung upaya pemberdayaan KUKM. Seperti layanan bantuan perizinan usaha melalui Online Single Submission (OSS), Kampus UMKM Shopee, Millenial Job Center (MJC), East Java Super Corridor (EJSC) di lima Bakorwil, Rumah Kurasi, KUKM Co-working Space, hingga platform pelatihan online untuk pelaku koperasi dan UMKM melalui “Si Jawara+”.

Selain itu, terdapat pula program-program khusus dalam rangka menggugah kaum muda lebih bersemangat dalam berwirausaha dan berkoperasi, yaitu Inkubator Bisnis untuk Wirausaha serta Kompetisi Milenial Sadar Koperasi.

“Jadi kalau zaman kita kecil koperasi itu isinya para orang tua namun sekarang sudah saatnya diisi anak muda sesuai dengan perkembangan teknologi dan zaman. Oleh karena itu, kami menginisiasi kompetisi yang diadakan tiap tahun demi merangsang anak-anak muda mulai dari pelajar hingga mahasiswa untuk semangat berkoperasi,” kata Arief dalam akhir paparannya.

Dalam sesi tanya jawab,  salah satu guru dari College Galuh Handayani, Erwin Fermawan menyampaikan harapan agar kedepannya bisa bekerja sama dengan Diskop-UKM Jatim, khususnya dalam pemberian pelatihan untuk anak didiknya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Diskop-UKM Jatim, Fathan Syarif Purnama menyambut dengan tangan terbuka. “Untuk pelatihan terhadap siswa berkebutuhan khusus sampai dengan saat ini baru Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang menyelenggarakan, namun bisa juga pihak Bapak/Ibu tetap bersurat kepada kami dahulu untuk menyampaikan fasilitasi dan pelatihan apa yang kira-kira dibutuhkan. Mudah-mudahan kedepannya bisa kami bantu sesuai dengan kewenangan yang kami miliki, antara lain bagaimana standarisasi produk, seperti sertifikasi halal, HAKI, PIRT, dan sebagainya kami siap membantu,” jelas Fathan.

Ketua Program Studi Kewirausahaan College Galuh Handayani, Dewi Suraya, mengucapkan terima kasih kepada Diskop-UKM Jatim yang telah menerima kedatangan para anak didiknya dengan baik.

Ia mengungkapkan, yayasan pendidikannya merupakan sekolah inklusif yang mengajarkan keterampilan life skill seperti pembuatan produk secara mandiri.

Melalui Diskop-UKM Jatim ini, Ia berharap para muridnya bisa mengetahui program dan fasilitas apa saja yang diberikan oleh Diskop-UKM Jatim sehingga menggugah keinginan anak didiknya untuk lebih semangat berwirausaha.

“Kami sengaja mengunjungi Diskop-UKM Jatim ini karena tahu dinas ini bergerak di bidang KUKM yang tentunya bisa membantu anak-anak untuk lebih semangat dalam berinovasi membuat produk,” ungkap Dewi. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #KUKM #sekolah inklusif