Kamis, 6 Oktober 2022

Diskop-UKM Jatim Terima Kunjungan Diskop-UKM dan Perindustrian Kabupaten Mamuju

Diunggah pada : 22 Juli 2022 16:01:58 53
Sumber Foto: diskopukm.jatimprov.go.id

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim), Andromeda Qomariah menerima kunjungan Kaji Banding Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

Melansir laman resmi diskopukm.jatimprov.go.id pada tanggal 22 Juli 2022, Kadis Andromeda menyampaikan bahwa di era digitalisasi seperti saat ini, kegiatan Digitalisasi Koperasi dilaksanakan dalam bentuk laporan keuangan berbasis aplikasi.

Adapun pembinaan yang telah dilakukan di bidang kelembagaan berupa peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), peningkatan kualitas produksi, pembiayaan, dan pemasaran.

Peningkatan sumber daya manusia dilakukan melalui kegiatan di Business Development Center (BDC), serta mengembangkan communal branding dalam rangka menjamin kualitas, kuantitas, dan kontinuitas produk.

Kemudian kerja sama juga telah dilakukan melalui berbagai pelatihan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan dan Kampus UMKM Shopee di Malang, serta melaksanakan Program One Pesantren One Product (OPOP) Jawa Timur.

"Dalam rangka peningkatan kualitas produk KUKM telah dilakukan sertifikasi produk, pendaftaran merek, inkubator bisnis, uji laboratorium produk makanan dan minuman, serta Hazard Analysis and Critical Control Points," ujar Andromeda di kantornya (21/7/2022). 

Standardisasi juga dilakukan melalui kerja sama dengan Satgas Halal (BPJPH) dan BPOM. Koordinasi dan sinergi dengan 5 Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Jawa Timur untuk melaksanakan berbagai pelatihan.

Dari sisi pembiayaan bekerjasama dengan perbankan. Pemasaran dilakukan melalui dua galeri (Batik dan Cinderamata/CTH.) Lalu kerja sama dengan e-commerce bersama Blibli, Gojek, Tokopedia, Grab, Shopee, dan Opop Mart.

Dalam rangka penggunaan produk dalam negeri, Pemprov Jatim juga melakukan kurasi produk agar dapat masuk ke Jatim Bejo, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Millenial Job Center (MJC) di 5 Bakorwil (Madiun, Bojonegoro, Malang,  Pamekasan dan Jember)  - East Java Super Coridor (EJSC) merupakan wadah para milenial dan start up agar dapat mendampingi UMKM untuk menyiapkan logo dan membantu desain kemasan. Untuk ITS tahun ini membantu 1.000 packaging/product. Kerja sama juga dilakukan dengan Eksport Center untuk KUKM yang siap ekspor.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kabupaten Mamuju, Sahari Bulan mengajak 22 UKM sreta turut mendampingi beberapa anggota DPRD Kabupaten Mamuju.

Sahari menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan wujud kepedulian Kabupaten Mamuju terhadap pelaku usaha untuk melaksanakan Kaji Belajar setelah kejadian gempa beberapa waktu lalu. 

“Untuk itu kami datang untuk belajar, berguru bagi berkembangnya UKM Mamuju. Regulasi sudah dilakukan dengan pihak lain namun belum signifikan karena masih ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi. Kami berharap dapat mendapatkan bahan untuk pengembangan kapasitas pelaku usaha”. (idc/n)

 

#UMKM #Diskop UKM Jatim #K-UKM