Kamis, 6 Oktober 2022

Diskop-UKM Jatim Gelar Talkshow Kemudahan Akses Permodalan Bagi K-UKM

Diunggah pada : 29 Juli 2022 11:24:34 43
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) menggelar Talkshow Pembiayaan dengan tema “Kemudahan Akses Permodalan Bagi K-UKM”, Kamis (28/7/2022) di Gedung Convention & Exhibition Grand City Surabaya. 

Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian K-UKM Expo ke-9 dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jawa Timur tahun 2022. Talkshow ini dihadiri oleh lebih kurang 60 peserta yang berasal dari gerakan Koperasi dan UMKM di 5 (lima) Kabupaten/Kota, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Sebagaimana dilansir dalam laman resmi diskopukm.jatimprov.go.id, Kepala Diskop-UKM Jatim, Andromeda Qomariah dalam sambutannya mengatakan, talkshow ini dapat membuka wawasan para pelaku K-UMKM bahwa pembiayaan saat ini sangat mudah diakses. 

“Narasumber talkshow kali ini sangat lengkap dan saling menguatkan karena di sini hadir teknokrat, praktisi, dan legislator. Beliau-beliau akan berbagi tentang apa yang sudah mereka lakukan. Diharapkan dari sharing tersebut dapat memotivasi para pelaku K-UMKM Jawa Timur bahwa pembiayaan saat ini semakin mudah untuk diakses,” tutur Andromeda.

Selanjutnya Kadiskop-UKM Jatim mengatakan bahwa permodalan adalah salah satu masalah serius yang dihadapi para pelaku UMKM dan membutuhkan perhatian untuk segera diurai benang merahnya. 

Kadis Andromeda menjelaskan, berdasarkan masalah-masalah yang dihadapi oleh para pelaku UMKM itulah yang dimanfaatkan oleh oknum pinjol. “Pinjol itu pintar, begitu mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM ini mereka masuk dengan berbagai promonya yang menggiurkan dan tidak bertele-tele, 5 menit selesai kata mereka, namun hal ini justru menjadi persoalan baru bagi pelaku UMKM dan masyarakat kita,” tuturnya. 

Untuk meminimalisir dampak pinjol dan meningkatkan akses permodalan K-UKM pada lembaga keuangan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Diskop-UKM Jatim melakukan berbagai macam program, baik itu terkait diseminasi, workshop, pendampingan, literasi, pelatihan terkait penyusunan laporan keuangan berbasis aplikasi, dan lain sebagainya. 

“Tujuannya adalah untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam memenuhi beberapa persyaratan yang disyaratkan oleh pihak perbankan agar bankable,” jelas Andromeda. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #koperasi #permodalan