Senin, 3 Oktober 2022

Diskop-UKM Jatim Gelar Rapat Akses Pembiayaan UKM melalui Financial Technology

Diunggah pada : 5 Agustus 2022 15:13:54 176
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) menggelar Rapat Koordinasi Lembaga Keuangan dan Perbankan untuk Akses Pembiayaan UKM melalui Financial Technology, Kamis (4/8/2022) di ruang Aria Wirjaatmadja, kantor Diskop-UKM Jatim.

Kegiatan yang digelar dalam rangka meningkatkan akses pembiayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini, dihadiri oleh 40 orang peserta yang berasal dari Dinas/Badan/Biro/Rumah Sakit Daerah Provinsi Jawa Timur, Asosiasi UKM Jawa Timur, dan OJK Kantor Regional IV Surabaya.

Kepala Bidang Pembiayaan, Diskop-UKM Jatim, Arif Lukman mewakili Kepala Dinas membuka kegiatan sekaligus menyampaikan arahan. Ia mengatakan bahwa dengan jumlah pelaku UMKM sebanyak 9,78 juta, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mempunyai komitmen yang sangat besar terhadap keberlangsungan usaha para pelaku UMKM.

"Ibu Gubernur meminta kepada Dinas Koperasi dan UKM Jatim untuk fokus kepada 5 hal, yaitu aspek kelembagaan, penguatan SDM melalui pelatihan-pelatihan kepada para pelaku usaha, peningkatan kualitas produk, pemasaran, dan pembiayaan atau permodalan. Jadi tentang bagaimana caranya agar Dinas Koperasi dan UKM Jatim bisa memfasilitasi sumber-sumber pembiayaan para pelaku UMKM di Provinsi Jawa Timur,” kata Arif.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami kebijakan pemberdayaan K-UKM Provinsi Jawa Timur dan memperoleh informasi kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah dalam pemberdayaan K-UKM serta penguatan akses pembiayaannya.

Selain itu, juga untuk memahami inovasi pembiayaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan Platform Digital Peer To Peer Lending (P2L), memahami pembiayaan P2L Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Kegiatan Usaha Lainnya bagi UMKM, dan menyusun rencana penerapan P2L Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Pemprov Jatim.

Narasumber yang hadir pada kesempatan ini yaitu Deputi Direktur Pengaturan, Perizinan & Pengawasan Fintech dari Otoritas Jasa Keuangan Industri Keuangan Non-Bank Pusat, Rati Connie Foda; Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Nanda Pratama; serta Wakil Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Tofan Saban. (idc/n)

#UMKM #Diskop UKM Jatim #K-UMKM