Senin, 15 Juli 2024

Diskop UKM Jatim Gelar Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana bagi Pelaku Usaha

Diunggah pada : 31 Mei 2024 15:00:49 39
Pelatihan bertajuk Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana bagi Pelaku Usaha. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menggelar pelatihan bertajuk Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana bagi Pelaku Usaha. Sebanyak 50 pelaku UMKM dari Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Bondowoso mengikuti pelatihan yang digelar di Jember ini.

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (31/5/2024), kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya (STESIA), Nur Fadjrih Asyik.

Analis Kebijakan Ahli Muda Diskop UKM Jatim, Fance Indriyanto Asy'arie, menyampaikan maksud dan tujuan dari pelaksanaan acara ini. Pertama, untuk memberikan penjelasan tentang tata cara penyusunan laporan keuangan secara sederhana bagi pelaku UKM di dalam upaya untuk mengakses fasilitasi kredit perbankan.

Kedua, memberikan praktik secara langsung kepada pelaku UKM bagaimana menyusun laporan keuangan sederhana. Ketiga, memberikan format-format sederhana terkait dengan laporan keuangan sederhana yang nantinya bisa dipakai oleh pelaku UKM.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pembiayaan Diskop UKM Jatim, Arif Lukman Hakim, menyampaikan K-UKM sebagai backbone ekonomi Jawa Timur dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2023 mencapai 59,18%.

Usaha yang didominasi oleh UMKM perempuan (62,45%) dan laki-laki (37,55%). Komposisi ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2022, pada tahun 2022 UMKM laki-laki (42,43%) dan perempuan (57,57%).

“Hal ini terjadi karena semakin banyak perempuan yang mengikuti pelatihan baik luring maupun daring” ujar Arif. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #pelaku usaha