Jumat, 29 Maret 2024

Diskop-UKM Jatim Gelar Pelatihan Membuat Siomay dan Tahu Berbahan Ikan

Diunggah pada : 22 Juni 2022 9:10:38 69
Sumber Foto: diskopukm.jatimprov.go.id

Jatim Newsroom – Klinik Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (K-UMKM) Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) menyelenggarakan pelatihan membuat siomay dan tahu berbahan ikan, Rabu (22/6/2022) di Gedung Business Development Center (BDC). 

Kepala Diskop-UKM Jatim, Andromeda Qomariah menyampaikan bahwa Tugas dan Fungsi dari instansi yang dipimpinnya adalah melakukan pemberdayaan usaha K-UMKM di Jawa Timur. 

Dengan demikian, Diskop-UKM Jatim berkomitmen untuk selalu hadir dalam rangka melakukan pembinaan, melaksanakan program, serta mendorong UMKM naik kelas, tetap eksis, berdaya saing, dan terus berkembang dengan mengikuti jaman dan pasar. 

“97% perekonomian Jawa Timur didukung oleh UMKM dan berkontribusi pada PDRB sebesar 57,81%. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 0,55% dibanding tahun 2020,” ujar Andromeda. 

Ia menjelaskan, jumlah kaum milenial adalah sebesar 24,72% sedangkan generasi Z sebesar 24,82%. Ini merupakan modal yang sangat besar untuk terus berkembang dan berkolaborasi dengan para milenial. “Harapan kami koperasi juga mengajak para milenial yang ahli di bidangnya,” imbuhnya. 

Andromeda menambahkan, diversifikasi penguatan produk K-UKM merupakan kegiatan yang sangat penting apalagi sektor makanan dan minuman jumlahnya besar dan berpotensi untuk dikembangkan. 

Kegiatan ini, lanjutnya, akan menumbuhkan inspirasi, inovasi dan motivasi kepada para peserta untuk menciptakan berbagai macam kreativitas yang berkualitas dan unik. 

“Tentu diharapkan bisa mewujudkan kemandirian usaha, memperluas jaringan pemasaran yang akan berimplikasi pada peningkatan pendapatan, lapangan kerja, serta mengurangi kemiskinan,” sambung Kadis Andromeda. 

Pelatihan diikuti oleh 50 orang peserta yang mendaftar secara online dan berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur antara lain Surabaya, Sidoarjo, Kediri, Lamongan, Gresik, Jember, Sampang, Blitar, Mojokerto, dan Probolinggo.

Peserta pelatihan dikelompokkan menjadi 5 (lima) kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 orang. Bahan praktik telah disiapkan di masing-masing meja kerja dan kegiatan pelatihan ini dimulai pagi hingga tengah hari.

Menurut Owner Laras Food dari UD Family Food Gresik, Ririn, bahan ikan ini dapat diganti dengan daging ayam atau sapi sesuai selera yang diinginkan. (idc/…)

#UMKM #pelatihan