Kamis, 22 Februari 2024

Diskop-UKM Jatim Fasilitasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha

Diunggah pada : 24 Februari 2023 14:52:49 79
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) berkolaborasi dengan Garda Transfumi, menggelar kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Kamis (23/2/2022) di Sidoarjo. 

Kegiatan yang dirancang dalam rangka mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional ini dihadiri lebih kurang 130 pelaku UMKM. Analis Kebijakan Ahli Muda, Diskop-UKM Jatim, Aisyah Amini menjelaskan, berdasarkan data NIB, ada 1,1 juta UMKM di Provinsi Jawa Timur yang telah memperoleh NIB. Angka tersebut merupakan nomor tiga tertinggi di Indonesia. 

Oleh sebab itu, Ia berharap agar UMKM di Jawa Timur bisa terus maju hingga menjadi provinsi nomor satu. Hal ini tentu hanya dapat terjadi dengan adanya bantuan dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat. “Karena pemerintah memang memiliki anggaran dan target, namun hal tersebut tidak dapat tercapai tanpa dukungan dari masyarakat sendiri,” kata Aisyah sebagaimana dipublikasikan di laman resmi Diskop-UKM Jatim

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan NIB secara simbolis kepada 8 (delapan) pelaku usaha perwakilan UMKM, yaitu Yayuk, Winarsih, Anita, Mufia, Sri Mulyanti, Eka Hadi, Widya, dan Riries. 

Penyerahan NIB diberikan secara bergantian oleh Kepala Desa Pepe Sidoarjo, Moch Yasir; Diskop-UKM Jatim, Aisyah Amini, perwakilan Babinsa setempat, Sapto; perwakilan panitia kegiatan, Eko Purwanto; serta perwakilan dari Garda Transfumi, Ari Prabowo. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #nomor induk berusaha