Rabu, 24 April 2024

Diskop-UKM Jatim Dukung Program Kredit Sejahtera

Diunggah pada : 21 Maret 2023 15:07:31 63
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) mendukung pelaksanaan Program Kredit Sejahtera (Prokesra). Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Prokesra di kantor Diskop-UKM Jatim, Senin (20/3/2023). 

Analis Kebijakan Ahli Muda Diskop-UKM Jatim, Sutarto menyebut sejak tahun 2022, Pemprov Jatim telah membuat program kredit lunak Prokesra yang bersumber dari dana perbankan dan subsidi APBD. Terhitung sejak 13 Maret, kredit Prokesra 2023 ini telah berhasil disalurkan sebanyak lebih kurang 2 persen atau senilai Rp8,3 miliar dari target Rp400 miliar. 

Selanjutnya, Kepala Bidang Pembiayaan Diskop-UKM Jatim, Arif Lukman Hakim mengatakan Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki tingkat ekonomi tertinggi kedua setelah DKI Jakarta. Dari data sensus ekonomi tahun 2018, sektor ekonomi tertinggi didominasi oleh sektor usaha kecil dan menengah dengan jumlah 9,78 juta unit usaha.

Oleh karena itu, kata Arif, melihat betapa besarnya peran UMKM pada perekonomian Jatim, maka digagaslah program Prokesra untuk membantu sektor usaha UMKM terus tumbuh. “Dengan itu kami berharap para peserta yang hadir dapat ikut membantu menyosialisasikan program kepada masyarakat pelaku UMKM agar target dapat tercapai sebagaimana pesan Gubernur Jawa Timur,” ujarnya sebagaimana dipublikasikan dalam laman resmi Diskop-UKM Jatim. 

Hadir sebagai narasumber dalam kesempatan ini yaitu Henny Nofianti dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur, Anang Suwitoyo, PGS Divisi Kredit dari BPR Jawa Timur, dan Puput Tri Komalasari, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Airlangga Surabaya sekaligus tenaga ahli Prokesra. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #Program Kredit Sejahtera #Prokesra