Senin, 22 Juli 2024

Diskop-UKM Jatim dan Pemkab Jombang Sukseskan Program OPOP

Diunggah pada : 14 November 2022 17:32:16 69
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya menyukseskan program One Pesantren One Product (OPOP). Salah satu upaya tersebut diimplementasikan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Jatim dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Jombang yang telah mengadakan OPOP Expo selama 3 (tiga) hari, pada tanggal 11-13 November 2022.

Sama seperti pergelaran pada tahun-tahun sebelumnya, OPOP Expo kali ini menampilkan produk-produk terbaik pondok pesantren, santri, dan alumni pondok pesantren. Lebih kurang sekitar 42 peserta pameran yang berpartisipasi. 

Dalam acara penutupan di Alun-alun Kabupaten Jombang, Minggu (13/11/2022), Kepala Diskop-UKM Jatim, Andromeda Qomariah, menyampaikan beberapa kegiatan yang mendukung OPOP Expo yaitu Sinergi OPOP Training Center UNUSA-Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dengan Diskop-UKM Jatim melalui Koppontren Corner dalam memfasilitasi pengurusan NIB dan sertifikasi halal. 

Ada juga Pelatihan/Workshop Santri Digital Entrepreurship oleh PT Tokopedia dengan peserta lebih kurang 100 orang; Digitalisasi Keuangan oleh Gojek, Goto Finance dengan peserta lebih kurang 80 orang; Seminar Batik dalam rangka menambah wawasan masyarakat dan UMKM terkait teknik pengolahan batik dan ragam batik Jawa Timur dengan peserta 100 orang; serta jalan sehat berhadiah umroh dan barang elektronik lainnya dengan peserta lebih kurang 5 ribu orang.

Penyelenggaraan OPOP Expo Tahun 2022 selama 3 hari ini telah mencatat omzet dan potensi transaksi dagang yang berhasil dibukukan mencapai Rp2,4 miliar dengan jumlah lebih kurang 10 ribu pengunjung. 

“Apresiasi juga diberikan kepada PT. Kompas Gramedia yang telah memberikan dana CSR Peduli Literasi untuk 20 Pondok Pesantren di Jawa Timur berupa buku bacaan senilai Rp100 juta,” terang Andromeda. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #OPOP #Jombang