Sabtu, 20 April 2024

Diskop-UKM Jatim Adakan Workshop Strategi Pemasaran Digital

Diunggah pada : 6 Desember 2022 16:26:24 42
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur mengadakan workshop tentang strategi pengembangan pemasaran digital, di kantor Diskop-UKM Jatim, Senin (5/12/2022).

Analis Kebijakan Ahli Muda, Diskop-UKM Jatim, Anjik Sudiyantoro menyampaikan bahwa di era global dan serba digital seperti saat ini Koperasi dan UMKM (K-UMKM) membutuhkan dukungan dan strategi untuk berdaya saing dalam mengembangkan usaha.

"Melalui proses pemasaran yang tepat dan maksimal serta jejaring konektivitas antar UMKM dengan komoditas yang sama akan memperkuat informasi mengenai potensi penjualan, baik dalam negeri maupun luar negeri," kata Anjik seperti dilansir di laman resmi Diskop-UKM Jatim. 

Selanjutnya Anjik mengatakan fenomena digitalisasi dalam pemasaran merupakan sebuah kesempatan yang memberikan banyak kemudahan bagi pelaku K-UMKM dalam menjalankan aktivitas bisnisnya.

"Kemudahan yang kita peroleh antara lain dalam promosi produk, kemudahan mencari informasi pasar melalui internet,  dan kemudahan untuk memasarkan produk melalui e-commerce," urai Anjik.

Ia menambahkan, pemasaran digital mencakup banyak aspek yang tentunya memiliki fungsi tersendiri dari setiap aspeknya.

"Contohnya fitur untuk melakukan analisis pasar melalui google trends dan google analytic. Kita juga bisa memanfaatkan fitus Ads dalam media sosial untuk dapat mempromosikan produk yang kita miliki dengan sistem berbayar dan konten marketing terkait dengan pembuatan konten-konten yang menarik bagi konsumen sehingga meningkatkan kepercayaan terhadap produk," imbuh Anjik. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #pemasaran digital