Kamis, 25 April 2024

Diskop-UKM Jatim Adakan Sosialisasi Keamanan Pangan

Diunggah pada : 23 Februari 2023 11:39:04 39
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) berkolaborasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim menggelar kegiatan sosialisasi keamanan pangan. 

Kegiatan yang dirancang untuk membantu meningkatkan mutu dan kualitas produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) makanan dan minuman di Jatim ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari, Selasa-Rabu (21-22/2/2023) di Surabaya. 

Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, Diskop-UKM Jatim, Susanti Widyastuti menyampaikan, sebanyak lebih kurang 60 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota di Jatim yang hadir diharapkan mengambil pengetahuan dan wawasan dari para narasumber hingga penerapan secara nyata. 

“Materi akan disampaikan narasumber dari Universitas Brawijaya, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, hingga BPOM Kota Surabaya,” ujar Susanti sebagaimana dipublikasikan di laman resmi Diskop-UKM Jatim. 

Ia pun memaparkan rangkaian upaya yang telah dilakukan oleh Diskop-UKM Jatim dalam mendukung UMKM makanan dan minuman di Jatim. Mulai dari fasilitasi proses merek, sertifikasi halal, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Standar Nasional Indonesia (SNI), hingga Uji Nutrisi. 

Informasi tersebut bisa dilihat melalui media sosial instagram Diskop-UKM Jatim (@diskopukm.jatim) dan website resmi https://diskopukm.jatimprov.go.id. 

“Di tahun 2023 ini, difasilitasi 138 UKM beresiko tinggi atau high risk untuk sertifikasi halal. Fasilitasi halal juga disediakan untuk UKM beresiko biasa atau kecil. Sedangkan tahun 2022 lalu telah difasilitasi 356 UKM dari target 130 UKM,” tutup Susanti. (idc/n)

#UMKM #K-UKM #Diskop-UKM Jatim #Keamanan Pangan