Kamis, 25 April 2024

Diskop-UKM Jatim Adakan Rapat Review Program Kredit Sejahtera

Diunggah pada : 30 November 2022 10:16:08 22
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Review Pelaksanaan Program Kredit Sejahtera (Prokesra), Selasa (29/11/2022) di kantor Diskop-UKM Jatim.

Kepala Bidang Pembiayaan, Diskop-UKM Jatim, Arif Lukman Hakim, menyampaikan bahwa rapat ini bertujuan sebagai evaluasi kinerja untuk mengetahui permasalahan dalam pelaksanaan Prokesra dari September 2022 hingga sekarang, serta membahas Rencana Prokesra tahun 2023.

Sebagaimana dipublikasikan dalam laman resmi Diskop-UKM Jatim, rapat ini membahas tentang plafon maksimal kredit, jangka waktu kredit, dan sektor yang dibiayai. Pola pembayaran subsidi yang perlu disesuaikan dengan tata kelola yang baik dan sesuai dengan regulasi yang berlaku juga menjadi topik bahasan.

Selain itu, juga ada bahasan tentang cost of fund dan landing rate yang akan diperhitungkan pengenaan bunga subdisi pada UKM. Dalam rapat ini juga disimpulkan bahwa Iuran Jasa Penjaminan (IJP) yang semula menjadi beban Bank Penyalur menjadi beban debitur yang menjadi subsidi Pemerintah Provinsi Jawa Timur;

Tak hanya itu, beberapa kesimpulan rapat lainnya adalah mengenai penambahan subsidi margin untuk mengakomodir pembiayaan syariah, pola angsuran yang mengikuti pola usaha yang mengajukan kredit, debitur yang melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo, hingga penyiapan sistem informasi/aplikasi untuk pelaksanaan dan monitoring program Prokesra. 

Hadir dalam rapat ini antara lain perwakilan dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Timur, Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Inspektorat Provinsi Jawa Timur, PT. BPR Jawa Timur (Bank UMKM), PT. Jamkrida Jawa Timur, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 4 Surabaya, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Berperan sebagai moderator adalah Analis Kebijakan Ahli Muda, Sutarto, dengan narasumber dari Subko Koperasi, UKM, dan Pariwisata, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur, Nur Reni Widiastuti; Pemimpin Divisi Pemasaran, Bank UMKM Jawa Timur, Eddy Suleksono; dan Auditor Kantor Akuntan Publik (KAP) Erfan & Rakhmawan, Ardi Hamzah. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #Program Kredit Sejahtera