Selasa, 23 April 2024

Diskop UKM Jatim Adakan Pelatihan Mengolah Jagung Jadi Tortila dan Minuman

Diunggah pada : 8 Februari 2024 17:38:44 24
Workshop Sinergitas Penguatan Usaha KUKM Pembuatan Olahan Jagung di Sidoarjo. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) menyelenggarakan kegiatan Workshop Sinergitas Penguatan Usaha KUKM Pembuatan “Olahan Jagung” di Sidoarjo. Dalam workshop ini, peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan cara membuat Tortila Jagung dan Minuman dari Sari Jagung. 

Mengutip laman Diskop UKM Jatim (8/2/2024), Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Diskop UKM Jatim, Susanti Widyastuti, mengatakan, Diskop UKM Jatim terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas UKM di Jawa Timur melalui berbagai kegiatan dan program yang diselenggarakan. 

“Dalam pelaksanaan kegiatan workshop ini kami berharap peserta dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan berbagai produk dari olahan jagung serta dapat memberikan ide untuk memulai usaha baru,” kata Susanti.

Selain itu Susanti juga menyampaikan Diskop UKM Jatim telah menyelenggarakan berbagai kegiatan pembinaan bagi pelaku UKM di Jawa Timur, meliputi pembinaan kegiatan produksi berbagai produk yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai ide usaha, pembinaan terkait promosi dan pemanfaatan media digital sebagai media untuk mempromosikan usaha dan tempat penjualan berbagai UKM yang ada. 

“Hal tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar UKM yang ada di Jawa Timur mejadi UKM yang naik kelas dan mampu bersaing di dunia digital saat ini,” ujarnya. 

Narasumber dalam Workshop Pembuatan Olahan Jagung ini, Endang Tri Pujiastuti dalam demonya mengatakan Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang dapat dibuat menjadi berbagai produk yang menarik dan memiliki daya jual yang tinggi. Salah satunya adalah produk Tortila yang merupakan kripik dengan berbagai rasa yang terbuat dari jagung. 

“Tortila itu salah satu snack yang digemari oleh masyarakat apalagi anak-anak, dapat kita temui di berbagai supermarket dan harganya lumayan mahal. Maka dari itu kita akan belajar membuat tortila sendiri dan nanti bisa jadi ide usaha untuk panjenengan semua”, ujar Endang. 

Selain pembuatan Tortila peserta juga diberikan pengetahuan dan keterampilan terkait cara pembuatan Minuman dari Sari Jagung. Minuman tersebut memiliki nilai gizi yang tinggi dan cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah.

Peserta yang hadir dalam workshop ini berjumlah lebih kurang 50 orang yang berasal dari masyarakat daerah Sidoarjo dan sekitarnya. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang nantinya masing masing akan melakukan praktik pembutan Tortila Jagung dan Minuman Sari Jagung. 

Selanjutnya Endang mendemokan cara membuat Tortila mulai dari peembuatan adonan, penggilingan adonan menjadi pipih dan berbentuk kripik, proses penggorengan hingga penambahan berbagai rasa ke dalam Tortila dan pengemasan ke wadah plastik yang diberi label menarik. 

Selain Tortila Endang juga mendemokan cara pembuatan Minuman Sari Jagung mulai dari penyiapan bahan, penyaringan sari jagung, hingga pada proses pengemasan ke dalam botol yang diberi label menarik. Kedua produk tersebut dapat menjadi ide usaha bagi para peserta karena produk tersebut memiliki minat yang tinggi di masyarakat dan bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan di sekitar kita. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #olahan jagung