Senin, 22 Juli 2024

Diskominfo Sumut Studi Tiru Layanan Informasi Publik ke Jatim

Diunggah pada : 29 Mei 2023 18:09:11 82
Studi tiru pegawai Diskominfo Sumut (duduk berjajar sebelah kiri) dengan pegawai Diskominfo Jatim (duduk berjajar sebelah kanan) saat berdiskusi di Lt.2, R. Argopuro, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Senin (29/5/2023). Foto : Moko / JNR

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara (Diskominfo Sumut) melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) guna melakukan studi tiru terkait pengelolaan layanan informasi publik, Senin (29/5) sore. 

Pertemuan antara Diskominfo Sumut dan Diskominfo Jatim yang berlangsung di Lt. 2 R. Argopuro Dinas Kominfo Jatim itu membahas pengelolaan layanan informasi publik oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional- Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) di Diskominfo jatim. 

Diskominfo Sumut yang mengunjungi Diskominfo Jatim berjumlah empat orang, terdiri dari Analis Kebijakan Muda, Ahmad Basri, Analis Penyuluhan Layanan Informasi, Marhenita Tarigan, Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi, Maisyarah, serta Pengadministrasi Keuangan, Fitri Magriani Harahap. 

Sedangkan dari Diskominfo Jatim yang menyambut, Sub Koordinator Sub Substansi Layanan Informasi Publik, Putut Darmawan, Pranata Humas Terampil, Andi Bagus Setiawan, dan Pranata Humas Ahli Muda, Ria Amalia. 

Saat ditemui, Analis Kebijakan Muda, Diskominfo Sumut Ahmad Basri mengatakan, tujuan pihaknya melakukan kunjungan ini adalah supaya bisa mengetahui dan dapat informasi banyak tentang pengelolaan layanan informasi publik. 

“Selain itu, kalau secara keseluruhannya di Diskominfo Jawa Timur ini, ya kami mau saling belajar dan saling sharing atau berbagai ilmu mengenai pengelolaan di masing-masing program Dinas Kominfo,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Basri juga menjelaskan, alasan dipilihnya Diskominfo Jatim sebagai tujuan dari kunjungan studi tiru Diskominfo Sumut ini ialah, pihaknya tahu bahwa Diskominfo Jatim ini melalui PPID-nya sudah punya nama besar. 

“Apalagi Diskominfo Jatim telah memperoleh penghargaan SP4N LAPOR! standing achievement dari KemenPAN RB. Itu kan nama besar yang harus kita contoh dan kita tularkan pada yang lain. Selain itu, alasan dasar kami melakukan kunjungan ini karena Dinas Kominfo Jatim punya kualitas bagus. Jadi, sudah pantas lah kami datangi,” terangnya.  

Dari kunjungan ini, Basri mengungkapkan, ia akan menerapkan hasilnya di Diskominfo Sumut. “Kami akan melakukan perubahan maupun perbaikan di sana. Selanjutnya juga kami tetap ingin kontak kerja sama, agar tetap terjalin saling berbagi informasi atau sharing khususnya terkait SP4N LAPOR! dan PPID,” ungkap Basri. 

Basri berharap, melalui kunjungan ini ke depan dapat terbangun sinergitas antara Diskominfo Sumut dan Diskominfo Jatim. “Dan semoga pertemuan ini tidak terputus di sini saja komunikasinya. Ke depan saya harap terus ada saling berbagi informasi, pengetahuan, maupun pengalaman,” harapnya. 

Sementara itu, Sub Koordinator Sub Substansi Layanan Informasi Publik, Putut Darmawan menyampaikan terima kasih atas kunjungan Diskominfo Sumut ke Diskominfo Jatim.  

“Kita berterima kasih karena Provinsi Jawa Timur telah menjadi ukuran atau barometer tingkat nasional. Dan Sumatera Utara adalah bagian dari provinsi di Indonesia yang mengapresiasi Jawa Timur menjadi tempat untuk studi banding atau studi sharing terkait dengan SP4N LAPOR dan PPID. Memang di Jawa Timur di tahun 2022, PPID baik secara nasional maupun provinsi kita sudah terbaik yaitu informatif termasuk pengelolaan SP4N LAPOR! yang telah meraih standing achievement dari Kemen PAN RB ,” tuturnya. 

Putut juga mengatakan, Ia menyambut baik sinergi yang akan dibangun Diskominfo Jatim dengan Diskominfo Sumut ke depannya. 

“Kita menyambut baik sinergi antara Jawa Timur dan Sumatera Utara. Dan kita siap membantu Sumatera Utara. Terima kasih telah menjadikan Jawa Timur sebagai contoh bagi provinsi-provinsi lain termasuk Sumatera Utara,” pungkasnya. (vin/s) 

#Diskominfo Jatim #SP4N LAPOR! #PPID #Studi #Diskominfo Sumut