Jumat, 19 April 2024

Diskominfo Probolinggo Beri Pelatihan KIM

Diunggah pada : 18 November 2022 15:02:58 22
Sosialisasi Dan Pelatihan KIM

Jatim Newsroom - Guna meningkatkan pengetahuan yang bermuatan informasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) memberikan sosialisasi dan pelatihan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kamis (17/11/2022).

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Probolinggo, Ali Kusno, menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ada di Kabupaten/Kota. Output dari sosialisasi dan pelatihan KIM masyarakat benar-benar melek atau paham dengan IT dan pengetahuan yang didapat ini nantinya dapat disalurkan kepada yang lainnya.

“Dengan sosialisasi dan pelatihan KIM ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan digunakan pada hal-hal yang positif. Dan yang harus diketahui, KIM ini sebagai corong untuk menyampaikan informasi dan informasi yang disampaikan kepada masyarakat harus bermuatan positif. Seperti halnya menyampaikan informasi dalam sektor wisata,” katanya.

Sosialisasi dan pelatihan KIM yang dibuka secara resmi oleh Camat Sukapura, Bambang Yulius Wijanarko, ini diikuti 30 orang perserta KIM dari Desa Jetak, Ngadisari, Sukapura, Sapikerep, Ngepung dan Wonotoro.

Dalam kesempatan tersebut, KIM dari 6 (enam) desa di Kecamatan Sukapura ini diberikan materi pelatihan oleh narasumber Direktur Multimedia tadatodays.com Imam Wahyudi. Hal ini untuk meningkatkan peningkatan kemampuan dalam mengakses informasi yang menggunakan teknologi komunikasi.

KIM sebagai sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung. Memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas informasi adalah suatu sumber pengetahuan dan juga meningkatkan kemampuan mengakses informasi.

Sementara Camat Sukapura, Bambang Yulius Wijanarko, mengharapkan, tiap-tiap desa harus aktif kelompok informasinya setelah mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini. Hal terpenting adalah memberikan informasi-informasi yang aktual di desanya. ‘Oleh karena itu, para peserta hendaknya mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini dengan baik serta bersungguh-sungguh hingga selesai,” harapnya.(ern/s)

#kabupaten probolinggo