Kamis, 13 Juni 2024

Diskominfo Kembali Sosialisasikan SATA Jatim Award 2023 pada Perangkat Daerah

Diunggah pada : 29 Mei 2023 13:14:03 47
Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin (jilbab kuning) saat memberi arahan pada sosialisasi SATA Jatim Award 2023 bagi perangkat daerah, di ruang kerjanya, Senin (29/5/2023). Foto : Wahyu / JNR

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) sosialisasikan penghargaan Satu Data Jawa Timur (SATA Jatim Award) tahun 2023, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), secara daring, Senin (29/5). 

Sosialisasi SATA Jatim Award 2023 ini diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Jatim sebagai Walidata, dengan tujuan untuk memberikan penghargaan atas kontribusi dan partisipasi OPD Pemprov Jatim sebagai  produsen data dalam pelaksanaan SATA Jatim. 

Hal ini berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 81 tahun 2020 tentang Satu Data Jawa Timur, pada Pasal 32 yang menjelaskan, monitoring dan evaluasi dilakukan oleh Walidata. 

Sosialisasi yang diikuti para verifikator dan operator di OPD Pemprov Jatim ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Data dan Statistik Dinas Kominfo Jatim, Nirmala Dewi. 

Dalam arahannya, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, menyampaikan, penilaian dalam SATA Jatim Award 2023 ini juga termasuk dalam salah satu penilaian Sistem Integrasi Bersama Kinerja Implementasi Budaya CETTAR (SiBekisar). 

“Oleh karena kita termasuk salah satu dari 12 tim penilaian SiBekisar  itulah, menurut saya ini penting maka harus dipersiapkan dengan baik. Nah,  kami di Dinas Kominfo merasa bersalah kalau langsung menilai tanpa menyosialisasikannya lebih dahulu,” terangnya. 

Dalam pelaksanaan SATA Jatim, Sherlita pun menilai, semua OPD di Pemprov Jatim sudah mendukung dan menjadi bagian di dalamnya.

“Cuma sampai saat ini, bagi OPD yang belum memberikan datanya, monggo dipersiapkan lebih lanjut. Kami membuka pintu selebar-lebarnya ketika teman-teman OPD ada yang perlu bantuan dan komunikasi dengan kami di Dinas Kominfo Jatim ini,” tukasnya. 

Sherlita mengungkapkan, hal menarik dari SATA Jatim Award tahun 2023 ini ialah berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya memberi penghargaan pada perangkat daerah terbaik, tetapi juga memberi penghargaan pada verifikator maupun operator terbaik perangkat daerah di Pemprov Jatim. 

“Sebenarnya kalau datanya ini sudah ada, tinggal rajin dan peduli saja. Apalagi yang terbaru nanti juga ada penilaian untuk operator maupun verifikator. Operatornya rajin atau tidak menginput data,” jelasnya. 

Melalui sosialisasi SATA Jatim Award 2023 ini, Sherlita berharap seluruh OPD Pemprov Jatim bisa secara aktif mendukung SATA Jatim

“Kami berusaha seobjektif mungkin dalam SATA Jatim Award ini, karena penilaian juga melibatkan beberapa tenaga ahli, baik dari akademisi maupun praktisi. Saya berharap teman-teman di OPD semua bisa mempersiapkan diri dan datanya untuk penilaian SATA Jatim Award nanti,” harap Sherlita. 

Sementara itu, melalui paparan materinya Kabid Data dan Statistik Dinas Kominfo Jatim Nirmala Dewi menyebutkan SATA Jatim Award 2023 ini akan diberikan kepada lima kategori pemenang.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, untuk tahun 2023 kita bagi ada lima kategori. Yaitu, pertama, untuk terbaik lima perangkat daerah. Kedua untuk tiga operator terbaik perangkat daerah. Ketiga, untuk tiga verifikator terbaik di perangkat daerah. Selain itu, Keempat, kami juga akan memberikan penghargaan pada lima terbaik Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dan kelima, penghargaan pada Mitra SATA Jatim atau lembaga maupun perorangan yang berkontribusi data pada Satu Data Jawa Timur,” jelasnya. 

Untuk ketentuan umum dalam penilaian SATA Jatim Award 2023, Dewi menyampaikan, OPD Pemprov Jatim yang memenuhi syarat dalam penganugerahan SATA Award tahun 2023 adalah yang mengirimkan daftar data tahun 2022 dengan batas maksimal 16 Januari 2022.

“Hal ini sesuai dengan berita Acara Nomor 02/BA.WALIDATA/XII/2021. Selain itu, batas Cut Off monitoring isian data tahun 2022 dan pemenuhan data tahun dasar, yaitu pada 27 Maret 2023,” kata Dewi. 

Sedangkan untuk tahapan penilaian SATA Jatim Award 2023 sendiri, Dewi memaparkan, penentuan 30 perangkat daerah terbaik oleh tim penilai berdasarkan kriteria penialaian tertentu, dan pemenuhan bukti dukung atau upload kelengkapan berkas pada https://sata.jatimprov.go.id/award.

“Maksimal 14 Juni 2023, dengan bukti dukung yang di upload, yakni dokumentasi penyajian data kepada masyarakat, SOP yang menunjang tata kelola data, dokumentasi analisis data yang telah dilakukan, serta dokumentasi dukungan manajemen penglolaan data,” papar Dewi. 

Setelah pemenuhan bukti dukung data yang berkasnya dinilai oleh Tim Ahli, Dewi menyampaikan tahap selanjutnya akan diumumkan 10 nominasi perangkat daerah terbaik. 

“Lalu akan dilakukan penilaian desk pendalaman secara offline oleh Tim Ahli selama 15 menit terkait Tata Kelola Data Perangkat Daerah di Pemprov Jatim, lalu dilaksanakanlah SATA Jatim Award tahun 2023,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, adapun jadwal pelaksanaan SATA Jatim Award 2023 bagi perangkat daerah Pemprov Jatim ini, ialah akan dilakukan rapat penentuan 30 perangkat daerah terbaik pada 5 Juni 2023, yang akan diumumkan pada 8-9 Juni 2023. 

Selanjutnya, Upload atau pengunggahan bukti pendukung pada 12-14 Juni 2023, yang kemudian dilakukan penilaian oleh Tim Ahli pada 15-16 Juni 2023. Dan diumumkan 10 perangkat daerah terbaik sebagai Pra Nominasi pada 26 Juni 2023. 

Lalu, pada 27 Juni 2023, akan dilakukan penilaian secara mendalam pada 10 perangkat daerah terbaik. Dan perkiraan akan dilaksanakan SATA Jatim Award tahun 2023 pada 3-7 Juli 2023 mendatang. (vin/s) 

#Diskominfo Jatim #sata jatim #Kepala Dinas Kominfo Jatim #OPD #SATA #perangkat

Berita Terkait

Pelepasan Pindah Tugas
Diskominfo Jatim Lepas Robert Sharly Sut...
10 Juni 2024
thumb
Komitmen Menuju Zona Integritas Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih
ASN Harus Memiliki Jiwa Mengabdi dan Mer...
10 Juni 2024
thumb