Senin, 24 Juni 2024

Diskominfo Jatim Terima Kunjungan Industri Siswa SMK NU I Islamiyah Keramat Jateng

Diunggah pada : 11 Oktober 2022 12:10:22 186
Foto ; Sugeng, JNR Diskominfo Jatim

Jatim Newsroom – SMK NU I Islamiyah Keramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah melakukan kunjungan industri bagi para siswa kelas XI ke kantor Diskominfo Provinsi Jawa Timur, R. Anjasmoro Lt. 4 Surabaya Selasa (11/10/2022).

Kunjungan industri para siswa ini terdiri dari siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Akutansi, dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Dengan jumlah 51 orang siswa dan 4 guru pendamping.

Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK), sekaligus guru PPKN di SMK NU I Islamiyah Keramat, Muhammad Hasbi, mengatakan tujuan pihaknya bersama para siswa ke Diskominfo Provinsi Jatim adalah untuk kunjungan industri bagi para siswa dan membekali mereka ilmu yang bermanfaat.

“Tujuannya yang pertama adalah untuk mendidik anak agar punya masa depan yang bagus kemudian anak punya bekal dan pengalaman, jadi anak – anak SMK NU I Islamiyah Keramat ini mewujudkan visi dan misinya menjadi anak yang sholeh dan berakhlakul karimah,”jelas Hasbi.

Hasbi berharap, kunjungan ini menjadi awal yang baik antara kedua belah pihak untuk saling menjalin kerja sama kedepannya, karena kunjungan industri di Jawa Timur ini adalah pertama kalinya dari yang biasanya tahun lalu selalu ke Jawa bagian Barat.

“Harapan ke depan untuk Dinas Kominfo Jatim ini Alhamdulillah langkah yang terbaik karena dari tahun lalu itu, kita kunjungan hanya di sekitar Jawa Barat Bekasi atau Jababeka, dan Jabodetabek. Dan ini baru pertama kali ke provinsi Jawa Timur, nah mudah – mudahan ini menjadi awal yang baik, menjadi silaturahmi yang baik, kita bisa saling bekerja sama dengan baik kedepannya,”ungkap Hasbi.

Lebih lanjut dikatakan Hasbi, kunjungan ini berkesan sekali. Iapun berterima kasih karena sudah disambut dengan hangat.

“Mudah – mudahan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur ini akan menjadi dinas yang terbaik dari dinas – dinas yang lain yang ada di Provinsi Jawa Timur,”tutur Hasbi.

Sementara itu, Novian Hadi, selaku Pranata Komputer Ahli Muda di Bidang Infrastruktur  Diskominfo Jawa Timur, menyampaikan, inti materi yang disampaikan dalam kunjungan industri kali ini adalah terkait misi Diskominfo secara umum, dan spesifiknya tentang infrastruktur.

“Materi yang disampaikan tadi secara keseluruhan adalah terkait bidangnya kita infrastruktur, seperti jaringan back bone dan data center,”kata Novian.

Novian menyampaikan motivasinya kepada para siswa, agar tidak berhenti belajar saat mereka lulus, karena teknologi itu terus berkembang, artinya, saat teknologi berkembang, mereka juga harus terus mengembangkan ilmunya.

“Motivasi saya kepada siswa yang berkunjung ke Diskominfo Jatim hari ini adalah, siswa itu tetap belajar dalam artian, teknologi itu setiap hari selalu ada perkembangan yang baru, jadi kalau siswa berhenti belajar, para siswa tidak bisa memanfaatkan pasar lapangan kerja nantinya. Karena pekerjaan itu mengikuti teknologi yang ada, jadi harapannya kalau para siswa ini lulus agar mereka tetap belajar tentang teknologi dan IT yang saat ini juga berkembang,”terang Novian.  

Sedangkan, salah satu siswi yang ikut berkunjung ke Diskominfo Jatim, yang bernama Shazali atau yang akrab dipanggil Shasya pun mengatakan, sangat senang bisa memiliki kesempatan berkunjung ke Diskominfo Jatim ini karena bisa menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan yang lebih luas.

“Saya senang bisa menambah pengalaman yang luar biasa dan menambah ilmu pengetahuan yang lebih luas dari kunjungan ini, semoga Diskominfo Jatim semakin sukes, terjaga dari kebocoran data dan lebih baik lagi kedepannya,”ucap Shasya. (vin/s)

#Diskominfo Jatim #kunjungan siswa