Sabtu, 20 April 2024

Diskominfo Jatim Terima Kaji Banding Diskominfo Santik Kalteng tentang Penyelenggaraan Keamanan Informasi

Diunggah pada : 7 Desember 2022 15:08:29 23
Kabid Data Statistik Diskominfo Jatim - Nirmala Dewi bersama Kabid Persandian Diskominfo Santik Kalteng - Billy Bareto dalam kaji banding terkait penyelenggaraan keamanan informasi, hari ini, Rabu (7/12/2022)

Jatim Newsroom – Dinas komunikasi dan Informatika ( Diskominfo ) Provinsi Jawa Timur menerima kaji banding Diskominfo Santik Kalimantan Tengah yang dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Persandian Billy Bareto, terkait penyelenggaraan keamanan informasi  dan diterima langsung oleh Kabid Data Statistik, Nirmala Dewi , Plt. Kabid Informasi Publik Assyari dan Kepala Seksi Persandian dan Keamanan Informasi – Aulia Bahar Permana, hari ini Rabu (7/12/2022).

Nirmala Dewi menyambut hangat dan menyampaikan bahwa kaji banding Kalteng ini suatu kebangaan untuk Diskominfo Jatim. Dewi  mengatakan bahwa persandian bukan hanya sebagai penerima surat melainkan sebagai pengaman data atau tentara cyber yang diberi kelengkapan agar menjadi personil yang kuat.  

Billy Bareto mengatakan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyadari bahwa teknologi informasi sudah berkembang begitu cepat sehingga Kalteng mencari tempat yang tepat untuk belajar sebagai pembanding agar bisa mensejajarkan diri dengan teman-teman di provinsi lain. Jatim dalam hal ini Diskominfonya sangat tepat  dijadikan sebagai rujukan dan sebagai contoh penyelenggaraan keamanan informasi.

“Tujuan kami ke Diskominfo Jatim adalah untuk menggali informasi, mengetahui sekaligus mengadopsi serta mengaplikasikan tips dan triknya Jawa Timur dalam mengamankan infrastruktur digitalnya. Disamping itu untuk menjalankan kewajiban kami agar layanan persandian sebagai keamanan informasi juga keamanan jaringan dan pusat data Kalteng mempunyai kemampuannya yang sama rata dengan provinsi lain,“ ujar Billy.

“Namun kita juga harus menyesuaikan kemampuan karena terkait dengan keterbatasan SDM dan anggaran. Diharapkan Diskominfo Jatim berkenan membantu kami yang nantinya mungkin bisa dituangkan dalam perjanjian kerjasama atau MoU, karena keamanan informasi atau keamanan cyber ini juga menjadi harapan pemerintah pusat bahwa  semua provinsi mempunyai kemampuannya yang sama rata di bidang pengamanan ini,”vpungkasnya. (yan/n)

#Diskominfo