Senin, 6 Februari 2023

Diskominfo Jatim Gelar Upacara Peringatan HUT KORPRI ke – 51

Diunggah pada : 29 November 2022 12:13:51 29
Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Edi Supaji (di atas podium) saat membacakan sambutan pada upacara peringatan HUT KORPRI ke - 51, di Kantor Diskominfo Jatim, Surabaya pada Selasa (29/11/2022). Foto: Rafly JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, menggelar upacara peringatan HUT KORPRI ke – 51, dengan tema ‘KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri’, yang berlangsung di halaman kantor Dinas Kominfo Jatim, Surabaya pada Selasa (29/11/2022) pagi.  

Pada upacara kali ini, Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Edi Supaji mewakili Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, memimpin jalannya upacara. Ia membacakan sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional.

“KORPRI bisa melakukan refleksi atas capaian dan kiprahnya selama ini, dan juga tidak terasa ternyata sudah setengah abad, KORPRI beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara baik yang di kota dan di seluruh pelosok negeri, maupun yang ada di luar negeri, menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya saat membacakan sambutan Ketua Umum Dewan KORPRI Nasional.

Lebih lanjut disampaikan, di sisi lain KORPRI juga wajib memegang prinsip nasionalisme bangsa Indonesia yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, untuk diarahkan supaya bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan serta keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun kepentingan golongan, selain itu juga menunjukkan sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

“Tema HUT KORPRI pada ulang tahun ini adalah ‘KORPRI Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi Untuk Negeri’, pada dasarnya KORPRI memberikan pelayanan publik yang lebih menarik, atraktif, dan kreatif untuk mempermudah serta mempercepat pelayanan kepada masyarakat,”jelasnya.

Ia menyampaikan, bahwa organisasi KORPRI merupakan wadah untuk menghimpun seluruh pegawai Republik Indonesia, dalam rangka meningkatkan perjuangan, pengabdian, serta kesetiaan kepada Pancasila.

“Organisasi KORPRI ini, sebentar lagi bertransformasi menjadi Korps Pegawai ASN Republik Indonesia dengan harapan tetap menjaga kode etik profesi dan standar pelayanan profesi ASN. Serta untuk mewujudkan jiwa korps ASN baik sebagai pemersatu bangsa, maupun sebagai bagian integral dari pemerintahan, jadi harus terus diperkuat perannya sebagai salah satu komponen yang sangat strategis. Maka, KORPRI harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati, merubah mindset bahwa ASN bukanlah orang yang harus dilayani tetapi yang melayani seluruh lapisan masyarakat,”terangnya.

Di akhir sambutannya, Edi membacakan beberapa pesan Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional yang berisi, poin pertama yakni perkuat soliditas maupun solidaritas korps, serta perkuat kerja sama dengan segenap komponen bangsa dalam rangka menegakkan fungsi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Juga berpegang teguh pada core values ASN, yang berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

“Kedua, lakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, ubah mindset, cara pikir, cara bekerja, dan terapkan e-government untuk meningkatkan kecepatan maupun kredibilitas pelayanan. Ketiga, ciptakan birokrasi yang transparan dan akuntabel, bangun pemerintahan yang bersih, bebas korupsi, kolusi, maupun nepotisme. Keempat, antisipasi dini terhadap berita hoax, fitnah, politik identitas, polarisasi, dan potensi konflik menjelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Terakhir, Kelima, perkuat peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, penjaga NKRI, Pancasila, konstitusi dan Bhinneka Tunggal Ika, menjalin kerja sama yang kokoh dengan seluruh komponen bangsa untuk bersama – sama mewujudkan Indonesia maju yang dicita – citakan,”paparnya. (vin/s)

 

#Diskominfo Jatim