Jumat, 19 April 2024

Diskominfo Jatim Dikunjungi Siswa SMA Al Muslim Sidoarjo

Diunggah pada : 13 September 2022 14:52:08 72
Kunjungan dari siswa SMK Al Muslim Sidoarjo ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, Selasa (13/9/2022). Foto; herlambang JNR Diskominfo Jatim

Jatim Newsroom Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur mendapat kunjungan dari siswa SMK Al Muslim Sidoarjo, Selasa (13/9/2022). Pada kunjungan ini para siswa kelas 2 tersebut mendapat edukasi mengenai Etika Bermedia Sosial di Era Merdeka Berekspresi dari para pengelola media sosial di Diskominfo Jatim.

Materi yang disampaikan oleh pengelola media sosial dari Bidang Komunikasi Publik, Denti Puspita Meilani, ini menarik perhatian para siswa, karena materi yang disampaikan tak jauh dari kehidupan sehari-hari mereka. Tak kalah antusias, para guru yang mendampingi pun menyimak dengan seksama.  "Ingat, saring dulu sebelum sharing," ujar Melani.

Pada kegiatan kunjungan ini pun dilanjutkan dengan pemaparan profil Diskominfo Jatim oleh Sub Koordinator  Tata Kelola Pemberdayaan TIK, Dendy Eka Puspawadi.

Dijelaskan Dendy, Diskominfo Jawa Timur memiliki tugas pokok menangani urusan Pemerintahan di Bidang Komunikasi dan Informatika, Bidang Statistik dan Bidang Persandian. Sedangkan visi dan misinya, yaitu terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, inovatif, terbuka dan parsipitaroris memperkuat demokrasi kewargaan untuk menghadirkan ruang sosial yang menghargai prinsip kebhinekaan.

Terkait pencegahan berita hoax, menurut Dendy, hampir setiap hari Kominfo memblokir kisaran 20-50 ribu website ilegal. Namun kendalanya adalah ketika sebuah website di blokir, website itu akan lahir kembali dengan nama yang baru, sehingga dengan keterbatasan sumber daya manusia yang ada kominfo untuk saat ini hanya memblokir situs yang dilaporkan oleh masyarakat.

"Jadi ibaratnya antara polisi dan penjahatnya lebih banyak penjahatnya," terang Dendy.

Perkenalan terhadap Diskominfo tersebut dilakukan di ruang Argopuro dan diakhiri dengan pertukaran plakat dari sekolah kepada Diskominfo Jatim. Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan mengajak siswa-siswi mengunjungi Command Center Diskominfo Jatim.

Pada Command Center ini siswa kembai mendapat edukasi mengenai Internet Sehat, yakni bagaimana cara menjaga agar akun pribadi tetap aman, salah satu nya adalah dengan mengganti password akun secara berkala dan tidak membuka email yang mencurigakan.(sti/uinsa)

#Diskominfo Jatim