Senin, 15 Juli 2024

Diskominfo Jatim Bersama KemenPAN-RB Gelar Rapat Piloting Portal dan Layanan Digital

Diunggah pada : 31 Mei 2024 14:17:45 44
Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin saat rapat zoom meeting bersama KemenPan-RB Terkait piloting portal dan layanan digital melalui platform secara Zoom Meeting, Jumat (31/5/2024) di ruang argopura lantai II. (Hans)

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB) yang diwakili oleh Hamzah Fansuri, S.Kom menggelar rapat terkait piloting portal dan layanan digital melalui platform  secara Zoom Meeting, Jumat (31/5/2024) di ruang argopura lantai II.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin menyampaikan, telah mengindentifikasi layanan – layanan publik di  organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Provinsi Jatim. Yaitu sebanyak 400 layanan aplikasi, kemudian pihaknya mengidentifikasi lagi secara bertahap dan ditemukan 120  layanan.  “Sisanya akan kami lakukan secara bertahap untuk dilakukan integrasi lagi,”katanya.

Lebih lanjut, terdapat lima layanan yang sudah clear dan siap dilakukan trial dan errornya. “Ada lima layanan yang sudah bisa diuji cobakan. Namun, karena portalnya belum launching, jadi masyarakat masih mengambil layanannya dari aplikasi yang dimiliki masing-masing instansi,” kata Sherlita.

Sherlita menyatakan, pihaknya akan segera bergerak untuk melakukan trial and error. Kemudian Kabupaten Tuban dianggap pantas menjadi salah satu yang pertama masuk dalam portal ini, serta akan menjadi tuan rumah kegiatan Jatim Digital Festival yang rencananya akan digelar pada bulan Oktober mendatang.

“Kami akan segera bergerak untuk melakukan trial and error, termasuk juga bagaimana dengan Tuban kami bisa terintegrasi. Selain Tuban, sangat pantaslah untuk kemudian menjadi bagian dari yang pertama masuk di portal ini, selain juga nanti tuban akan menjadi tuan rumah kegiatan Jatim Digital Festival di Insyallah nanti di bulan Oktober,” tuturnya.

Di akhir sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah Provinsi Jatim dan Kabupaten/kota juga menyampaikan terima kasih kepada Menpan RB atas apresiasi penghargaan SPBE dengan nilai tertinggi yang diberikan ke Pemprov dan Kab/kota.  

“Alhamdulillah di Jatim sangat guyub  dan bahu membahu membantu atau sama on the track dengan kabupaten/kota terkait SPBE ini. Dan pihaknya akan terus melaporkan secara progress piloting portal dan layanan digital ini dengan Surabaya, Banyuwangi, Tuban serta kabupaten/kota lainnya,”pungkasnya

Sementara itu salah satu Tim Piloting Portal, Lia Ninda menjabarkan terdapat beberapa layanan yang tersedia di portal Jatim, antara lain Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas&Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Agro, dan lain sebagainya. Ia melanjutkan, dalam mengakses portal Jatim, terdapat tiga role yang, yaitu sebagai Guest, masyrakat, dan ASN.

Ia  juga memaparkan, integrasi layanan melalui beberapa tahapan. “Ada beberapa tahapan untuk integrasi, yakni persiapan, perencanaaan, pengembangan, pengujian, implementasi, dan pemeliharaan,” paparnya. (Pca/zky/hjr)

 

 

#Diskominfo Jatim #Kadis Kominfo Jatim #sherlita