Jumat, 29 Maret 2024

Dinsos Provinsi Jatim Pulangkan 5 Korban Perdagangan Anak di Bawah Umur ke Tasikmalaya

Diunggah pada : 24 Maret 2023 10:03:00 57
thumb

Jatim Newsroom - Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Penanganan Bencana Penanganan Orang Telantar (OT) melaksanakan pemulangan, kepada lima korban perdagangan anak di bawah umur ke daerah asal Kota Tasikmalaya. Dengan menggunakan kendaraan mini bus, proses pemulangan langsung di didampingi oleh staf Dinsos Jatim, Satpol PP Dinsos Jatim, TKSK Jatim dan Peksos Dinsos Jatim, pada Selasa (21/3/2023) malam..

Hal tersebut dilakukan karena para korban yang masih di bawah umur dan perlu pengawasan ekstra. Sehingga kelima gadis tesebut diantaranya RN (19), EH (19), RA (17), HI (16) dan AT (15) bisa bertemu keluarga dengan selamat dan sehat di kantor Dinas Sosial Kota Tasikmalaya pada Rabu (22/3/2023) tepat pukul 10.30 WIB.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, Dr Alwi M.Hum, Jumat (24/3/) di kantornya, mengatakan, bagi Dinsos, yang paling penting dalam menangani korban trafficking adalah penyelamatan korban. Sedangkan pelaku menjadi tanggung jawab penegak hukum.

“Tujuan utama kami mengembalikan para korban ke keluarga yaitu agar mereka tidak mengalami trauma,” ujarnya.

Sebelumnya, Dinsos Jatim mendapatkan lima Korban Perdagangan Anak di Bawah Umur asal Tasikmalaya ini dari Dinsos Kabupaten Pasuruan. Yang menerima rujukan lima anak usia 14-17 tahun korban human trafficking yang dijadikan Pekerja Seks Komersial (PSK) di Prigen, Kabupaten Pasuruan. Dimana anak-anak tersebut berasal dari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Salah satu korban pada saat itu selesai bekerja melaporkan kejadian yang mereka alami kepada Kepolisian Resor Pasuruan.

Laporan tersebut langsung ditanggapi Kepolisian Resor Pasuruan dengan melakukan penggeledahan salah satu wisma yang ada di daerah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Mereka mendapatkan empat korban yang ada di tempat kejadian perkara (TKP). Lalu korban diserahkan kepada Dinsos Kabupaten Pasuruan.

Mendengar laporan dan kejadian tersebut, Hendra Budiman, Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya menerima kedatagan korban sekaligus berterimakasih atas kinerja yang dilakukan Dinsos Jatim. Ia berharap kasus ini di usut tuntas hingga pelaku dan jajarannya tertangkap.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang telah mengembalikan anak-anak kami yang telah menjadi korban human trafficking. Hari ini lima orang anak telah terselamatkan. Jadi nanti kami akan melakukan pembinaan kepada mereka, agar bisa kembali dan di terima oleh masyarakat sekitar," pungkas Hendra Budiman. (her/s)

#dinsos jatim