Senin, 28 November 2022

Dinsos PPPA Kota Madiun Libatkan Tagana dalam Verval Lansia Non Potensial

Diunggah pada : 18 Juli 2022 9:23:54 41
verifikasi dan validasi (verval) terhadap lansia non potensial (ngebrok) di wilayah Kelurahan Manisrejo, Kota Madiun.

Jatim Newsroom - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan anak (Dinsos PPPA) Kota Madiun melalui Bidang Rehabilitasi Sosial (Rehabsos) melaksanakan verifikasi dan validasi (verval) terhadap lansia non potensial di wilayah Kelurahan Manisrejo, Kota Madiun. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai Sabtu (16/7/2022) hingga Minggu (17/7/2022).

Anggota Tagana bersama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) telah berkumpul di Kelurahan Manisrejo untuk mendapatkan arahan dan pembagian tugas dari petugas Rehabsos, Eko Purnomo, Senin (18/7/2022).

“Karena jumlah yang akan disurvei ada 34 rumah, survei akan dilakukan oleh petugas dengan didampingi pilar sosial," katanya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melihat apakah lansia tersebut masih layak untuk mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun. 

“Data yang saat ini akan disurvei adalah data usulan dari tahun lalu. Makanya kita lihat apakah lansia tersebut masih layak mendapatkan bantuan atau bahkan mungkin sudah ada yang pindah atau meninggal dunia," tambahnya.

Setelah dilakukan verval, dalam waktu dekat hasil survei ini dapat segera diproses oleh Dinsos PPPA, kemudian diajukan ke Wali Kota Madiun sehingga warga lansia tersebut akan mendapatkan bantuan sosial senilai Rp 2,5 juta untuk setahun melalui bank Himbara.

Dengan adanya bantuan ini, Pemerintah Kota Madiun berharap dapat membantu meringankan beban hidup para lansia non potensial tersebut. (her/s)

#dinsos