Kamis, 1 Desember 2022

Dinsos Ngawi Jangkau Warga Tak Terdaftar Bansos

Diunggah pada : 14 September 2022 20:27:41 71

Jatim Newsroom - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ngawi menerima laporan dari masyarakat tentang adanya masyarakat miskin (miskin) yang tak terjangkau bantuan sosial (bansos) dan perlindungan sosial. Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ngawi, Budi Santoso, menugaskan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk melakukan asesmen.

Asesmen dilakukan oleh TKSK Kec. Paron, Nurul Kasanah. Didampingi Camat Paron Arin Royanto SSTP beserta staf dan Perangkat Desa Gelung, Nurul mengunjungi rumah warga yang dilaporkan tersebut di kediamannya.

Dari hasil asesmen, diketahui bahwa warga tersebut merupakan Kartika, ibu tunggal yang tinggal berdua bersama anaknya yang baru lulus SD. Karena kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan, anak Kartika tidak dapat meneruskan jenjang pendidikan di sekolah menengah pertama.

Selain itu, mereka berdua menumpang tinggal di rumah kurang layak yang berdiri di sebidang tanah milik orang. Karena alasan tersebut, mereka tidak dapat diajukan untuk mendapatkan bantuan Rumah Tidak Layak Huni dari pemerintah. Hingga pada akhirnya Camat Paron beserta Perangkat Desa Gelung memutuskan untuk membangun tempat tinggal untuk mereka berdua dengan anggaran Dana Desa dan swadaya lintas sektoral.

“Ibu Kartika dan anaknya telah menerima JKN KIS PBIN, namun keduanya non aktif karena tidak sinkron antara padanan DTKS dan Dispenduk. Kartu Sembako (BPNT)-nya pun juga tidak aktif, sehingga harus ada validasi dari pihak operator desa setempat,” kata TKSK, Nurul.

Hari itu juga, koordinasi antara Kepala Dinsos Ngawi, Camat Paron, Kepala Desa dan Perangkat Desa Gelung, serta TKSK membuahkan hasil. Akhirnya anak Kartika dapat diterima di sekolah menengah pertama. Anak tersebut akan diberikan bantuan sepeda ontel untuk menunjang aktivitas sekolahnya dan akan diberikan uang saku melalui program Jumat Berkah Lintas Sektoral.(sas/s)

#dinsos #Ngawi