Sabtu, 20 April 2024

Dinsos Jatim Tangani Perempuan Hamil yang Tidur di Jembatan Gadang Malang

Diunggah pada : 6 Juni 2022 9:31:51 52

Jatim Newsroom - Pemeintah Provinsi Jawa Timur melalui petugas Sosialisasi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Dinas Sosial (Dinsos), melakukan penjangkauan dan advokasi terhadap perempuan hamil yang tidur di salah satu jembatan di wilayah Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang.  Sebelumnya, pada Sabtu (4/6/2022) pukul 08.56 WIB, Puskesos menerima pengaduan dari salah satu anggota dewan tentang kondisi perempuan tersebut. 

Petugas Puskesos Gadang, Anis dan Nunik melakukan tracing administrasi terhadap perempuan yang ternyata bernama DN dan beralamat di Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. 

“Menurut pengakuan, dia meninggalkan rumah karena dianiaya oleh anggota keluarganya, yaitu ibu tiri. Pengamatan kami, kondisi yang bersangkutan keterbelakangan mental, bisa berkomunikasi, dan tidak ada identitas. Warga khawatir dia menerima tindakan asusila, jadi kami lakukan penanganan lebih lanjut,” kata Anis dan Nunik, Minggu (5/6//2022)

Selanjutnya, Puskesos Gadang, tokoh masyarakat Kelurahan Mergosono, serta TKSK Sukun, Ario Rachmono dan TKSK Kedungkandang, Suharti melakukan advokasi kepada keluarga. 

Ario Rachmono menjelaskan, setelah dilakukan penelusuran, klien memiliki administrasi kependudukan dan memiliki BPJS Kesehatan. Dia sudah pernah berobat dan kontrol kesehatan di RSI. 

Gejala gangguan mental muncul karena dia berpisah dengan suaminya. Selama ini dia punya aktivitas agama yang baik, kondisi kesehatan memadai dan perilaku sosial yang komunikatif. 

“Karena tidak ada kegiatan di rumah, terkadang sempat menghilang selama 2 hingga 3 minggu, namun selalu kembali ke rumah. Kami merekomendasikan adanya kunjungan berkala dan informasi kader Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) setempat apabila keluarga membutuhkan pelayanan sosial,” jelasnya. (her/s)

#dinsos