Kamis, 25 April 2024

Dinkes Kab Pasuruan Gelar Pekan Gerakan Bumil

Diunggah pada : 22 Desember 2022 15:52:04 47
Dinkes Kab Pasuruan Gelar Pekan Bumil

Jatim Newsroom -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasuruan menggelar Pekan Gerakan Ibu Hamil (Bumil) Sehat yang bertepatan dengan Hari Ibu ke 94, yang dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, M.Yoto di Puskesmas Purwosari, Kamis (22/2022).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pasuruan, dr Ani Latifah mengatakan, Pekan Gerakan Bumil Sehat merupakan salah satu upaya pencegahan stunting sejak bayi belum dilahirkan alias saat bayi mulai di dalam kandungan. Gerakan bumil sehat di implementasikan dalam mewujudkan ibu hamil yang sehat dan berpengetahuan, serta mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan, harapannya dapat meningkatkan kepatuhan ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan.

"Tepatnya minimal enam kali dan dua kali diantaranya USG oleh dokter, mengikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali, konsumsi tablet tambah darah setiap hari, makan sesuai rekomendasi dan pantau peningkatan berat badan serta melakukan persalinan di fasyankes dan lainnya," kata Ani.

“Kegiatan ini juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Ani menghimbau para bumil untuk menjaga asupan gizi untuk calon anak mereka serta menjaga kesehatan dengan berolahraga, minum air putih yang cukup, serta beristirahat. Jaga kesehatan, jaga pola makan dan istirahat yang teratur, “ujar Ani.

Kegiatan ini juga dihadiri Fungsional Kesehatan Ahli Madya Direktorat Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan RI, Tasripin; dan undangan lainnya. (yan/n)

 

#kabupaten pasuruan