Sabtu, 20 April 2024

Dinas Pendidikan Kab Pasuruan Mengadakan Titian Harmoni

Diunggah pada : 21 September 2022 14:38:26 81
Bupati Irsyad Yusuf pada kegiatan Titian Harmoni

Jatim Newsroom - Dinas Pendidiikan Kabupaten mengadakan kegiatan Titian Harmoni di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, yang dihadiri Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Selasa (20/9/2022).

Bupati Irsyad Yusuf mengajak siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) agar saling menghormati keberagaman di dalam kehidupan masyarakat heterogen. Baik perbedaan suku maupun agama, bahwa segala perbedaan tersebut harus disikapi dengan selalu menjunjung tinggi toleransi.

“Kita harus saling menjaga toeransi antar umat beragama. Harus menghormati antar suku juga. Harus pada prinsip Bhineka Tunggal Ika. Mudah-mudahan kegiatan ini benar-benar memberikan manfaat terutama untuk anak-anak kita. Ke depannya bisa menjadi generasi hebat dan betul-betul bisa menjaga Indonesia ini,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Hasbullah mengatakan rangkaian kegiatan Titian Harmoni diikuti oleh seratus siswa/ siswi SD yang pernah menulis sejarah dan cerita rakyat lokal. Mereka berasal dari lima agama, yakni Islam, Katolik, Protestan, Hindu dan Budha. Kegiatan Titian Harmoni dilakukan dengan mengajak anak-anak berkunjung ke tempat-tempat ibadah di Pasuruan. Seperti Klenteng, Pura di Yonkav Beji dan Candi Gunung Gangsir. Kemudian ke Gereja Katolik Pandaan, Masjid Cheng Ho Pandaan, Candi Jawi dan Museum Cungrang Pandaan.

Kegiatan visitasi ke beberapa rumah ibadah ini akan dilakukan setiap harinya oleh 26 siswa SD dari setiap Kecamatan dengan menggunakan bus sekolah. Disambung dengan agenda beranjangsana, saling mengunjungi antar siswa dan lembaga sekolah. Selanjutnya akan dilaksanakan lomba menulis essay bertema “Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman”.

Kegiatan yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Kementerian Agama (Kemenag), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) juga dihadiri  Asisten Pemerintahan dan Kesra, Rachmat Syairifuddin; Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Tri Krisni Astuti serta perwakilan dari lintas suku dan agama di Kabupaten Pasuruan.  (yan/n) 

 

 

 

#Bupati Pasuruan