Kamis, 18 Juli 2024

Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Fasilitasi Pelaku Usaha Dapatkan HACCP

Diunggah pada : 4 Juni 2024 16:41:11 46
Illustrasu HACCP. Foto: istimewa

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur terus berupaya memberikan fasilitas kepada para pelaku usaha untuk mendapatkan Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP). Adapun manfaat dari penerapan sertifikasi keamanan pangan ini adalah

Mampu meningkatkan kepercayaan konsumen, menaikkan citra dari produk tersebut, melebarkan jaringan bisnis, hingga memberi jaminan akan keamanan dan kualitas produk.

Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Dra Susanti Widyastuti MT, di kantornya, Surabaya, Selasa (4/6/2024), menyampaikan, Sertifikat HACCP merupakan salah satu sertifikasi penting yang harus dimiliki oleh perusahaan produsen pangan. Hal ini untuk memastikan bahwa pangan yang diproduksi sesuai dengan standar jaminan mutu.

"Pelaku usaha yang berminat bisa melakukan pendafataran melalui link yang yang dipublikasikan secara up to date melalui platform Instagram Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Timur dengan persyaratan yang telah ditentukan," ujar Susanti.

Selanjutnya UKM yang telah mendaftar akan diseleksi secara administrasi dan teknis guna dipilih lolos Pendampingan oleh Tenaga Ahli.

Pendampingan HACCP dilaksanakan selama 4 bulan dengan 4 kali pertemuan denagn pendampingan tenaga ahli berkompeten di bidangnya. Proses Sertifikasi setelah aAudit dan dinyatakan memenuhi, kurang lebih memakan waktu satu bulan.

Sepanjang 2023, Dinas Koperasi dan UMKM Jatim telah mendampingi empat UMKM dalam menjalani proses HACCP hingga diterbitkannya sertifikat. UMKM itu adalah CV. Haza Food

Indonesia dengan produk Pigela Chips Banana, PT. Nutricorn Persada dengan produk Pop Foodie (olahan jagung), Koppontren Ihya'Us Sunnah Al Hasany dengan produk Kopi Bikla dan CV. Palung Mariana dengan produk Kopi Mariana. 

"Agar bisa dipercaya oleh konsumen, setiap perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman perlu memiliki sertifikasi HACCP. Karena masyarakat cenderung akan memilih aman dengan membeli produk-produk yang sudah tersertifikasi," tutupnya.(red)

#Diskop UKM Jatim