Selasa, 23 April 2024

Dinas Kominfo Jatim Gelar Pelatihan Operasional Call Center OPD

Diunggah pada : 15 Februari 2024 16:04:22 44
Pelatihan Operasional Call Center OPD Pemprov Jatim (Foto : Rafly)

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) menggelar Pelatihan Operasional Call Center bagi OPD Pemprov Jatim di Ruang Willis Lt.1 Diskominfo Jatim Jl. A YanibSurabaya, Kamis (15/2/2024).

Kepala Bidang Informasi dan Informatika (Kabid Aptika), Gugi Alfrianto  Wicaksono dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk memastikan operasional pelayanan call center kepada masyarakat berjalan lancar, mengingat perannya sebagai garda terdepan dalam pelayanan.

Ia berharap para peserta pelatihan mendapatkan wawasan yang cukup, karena menurutnya menjadi seorang call center memerlukan keterampilan yang tidak mudah."Jadi seorang yang bertugas di bagian Call Center, Front Liner, Customer Service atau apa pun itu tidak se-gampang apa yang kita lihat," terangnya.

"Pelatihan ini bertujuan agar pelayanan di OPD Pemprov Jatim terutama bagian call center kepada masyarakat itu dapat berjalan dengan baik. Karena yang namanya call center adalah ujung tombak atau garda terdepan dalam pelayanan," ungkapnya.

Dalam Pelatihan Operasional Call Center ini menghadirkan Ita Tolla dari PT Jasnita sebagai pemateri utama,  yang telah berpengalaman selama 20 tahun sebagai praktisi Contact Center di beberapa Perusahaan Multi Nasional. Dalam pemaparannya Nita menjabarkan bahwa seorang call center perlu dibekali dengan tiga kemampuan pokok, yaitu soft skill, hard skill, dan kemampuan pengoperasian sistem dan aplikasi. Soft skill sendiri melibatkan kemampuan interpersonal, sementara hard skill terkait dengan pengetahuan teknis atau product knowledge dari segala permasalahan.

Tidak hanya itu, menurut Nita, seorang Call Center harus memiliki tiga R dan tiga M. Meliputi Right Time yakni harus tepat waktu dan tidak terlambat, kemudian Right Thing yakni harus tepat memberikan informasi/solusi, dan Right Attitude yakni harus bijak dan memberikan empati kepada masyarakat. Sementara tiga M meliputi Multi Tasking, Multi Language, dan Multi skill. "Seseorang yang bertugas di bagian call center diperlukan pengetahuan khusus seperti dalam pelatihan ini, sehingga bisa diterapkan di masing masing kantor tempat tugasnya," pesan Nita.

Pelatihan Operasional Call Center ini juga diberikan pembekalan teknis yang dilakukan secara daring l melalui Zoom Meet oleh Rio Wibowo. Pelatihan ini diikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, RSUD dr Soetomo Surabaya, RSUD Haji Surabaya, RSUD Jiwa Menur Jatim, RSUD Husada Prima Jatim dan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jatim. (nbr-pno/hjr).

 

 

 

 

 

#Diskominfo Jatim #Pelatihan Operasional Call Center OPD